Mengagumkan! 10 Anak Berotak Jenius yang Ada di Dunia

Memiliki anak yang jenius adalah hal yang membanggakan bagi setiap orang tua. Umumnya predikat jenius kerap disematkan bagi para ilmuwan. Namun, beberapa anak di dunia juga mampu menyandang predikat jenius karena intelegensi yang dimilikinya. Kemampuan anak-anak tersebut tentunya mengundang kekaguman orang dewasa. 

Nah, siapa saja anak-anak jenius tersebut? Yuk, simak ulasan menarik tentang para anak jenius di dunia yang akan Bacaterus bahas dalam artikel di bawah. Berikut adalah daftarnya:

1. Akrit Jaswal

anak anak jenius di dunia_Akrit JaswalSumber: dnaindia.com

Akrit Jaswal digadang-gadang sebagai anak jenius di dunia. Akrit Jaswal diketahui sebagai seorang dokter bedah termuda yang ada di dunia. Ia menjadi mahasiswa kedokteran di usianya yang ke 13 tahun di Universitas Punjab, Lahore, India dan menjadi salah satu mahasiswa termuda yang ada di India. 

Perjalanannya menjadi seorang dokter pun bermula ketika ia berhasil mengoperasi seorang anak berusia 9 tahun yang mengalami luka bakar saat usianya baru menginjak 7 tahun. Berita tentang hal tersebut pada akhirnya membuat namanya semakin dikenal dan kemudian menyebar luas hingga ke penjuru India. 

Dengan IQ 146, ia berhasil menunjukkan kemampuan luar biasa sejak usia dini. Ia sending diketahui mulai membaca buku sains sejak usia 5 tahun. Satu tahun setelahnya, ia pun memutuskan untuk lebih serius menekuni dunia medis. 

2. Easton LaChappelle

Anak jenius selanjutnya datang dari Amerika Serikat. Easton mulai mendapatkan perhatian dunia kala berhasil menciptakan sebuah sistem tangan robot di usianya yang baru menginjak 14 tahun. Berkat penemuannya tersebut, ia pun mulai mendapat perhatian dari pusat penelitian luar angkasa, NASA. Dan pada usianya yang ke 17 tahun, Ia pun secara resmi direkrut sebagai tim robotika NASA. 

Easton sendiri diketahui menjadi salah satu orang termuda yang ikut bergabung di NASA. Meskipun Easton tidak mengikuti pendidikan resmi, tetapi ia telah membuktikan diri dengan kejeniusannya dalam menciptakan super teknologi. 

3. Michael Kearney

anak anak jenius di dunia_Michael KearneySumber: bbc.com

Anak jenius selanjutnya yang tidak kalah memukau adalah Michael Kearney. Ia disebut sebagai salah satu orang termuda yang lulus di University of South Alabama. Di usianya yang ke 10 tahun, ia telah mendapat gelar di bidang antropologi. Namanya pun telah tercatat dalam Guinness World Record sebagai lulusan mahasiswa termuda yang ada di dunia. 

Selain antropologi, anak yang dikenal memiliki IQ hampir mencapai 200 ini juga menguasai berbagai bidang seperti kimia dan sains komputer. Michael diketahui telah menjadi seorang dosen pengajar saat usia 17 tahun. 

4. Joshua Beckford

Joshua Beckford adalah anak ajaib yang sanggup mencuri perhatian dunia karena kejeniusan yang dimilikinya. Meskipun ia didiagnosa mengidap autisme, tetapi kemampuannya dalam menyerap ilmu pengetahuan sangat luar biasa. Bahkan bisa dibilang sangat jenius dan berbeda dari anak-anak pada umumnya. 

Hal itu kemudian dibuktikan dengan keberhasilannya untuk duduk di bangku kuliah di Universitas Oxford, Inggris pada usianya yang baru menginjak 6 tahun. Pada usia 13 tahun, anak yang berasal dari Tottenham ini menyandang gelar sebagai sarjana muda di salah satu universitas bergengsi yang ada di dunia tersebut.

5. Zhou Tian

Zhou Tian adalah seorang anak yang berasal dari kota Haze, Provinsi Shandong, Tiongkok. Ia adalah  anak jenius yang berhasil menjadi mahasiswa di kampus bergengsi di Universitas Sains dan Teknologi pada usia ke 14 tahun. Zhou Tian sendiri diketahui telah menunjukkan kejeniusan sejak kecil. Di usia 3 tahun, Zhou mampu mengenali lebih dari 3000 karakter huruf Kanji China. 

Sementara bakat dalam bidang matematika mulai diperlihatkan ketika usianya 5 tahun. Zhou Tian sendiri diketahui sempat menjadi juara kedua di ajang kompetisi matematika nasional tingkat SMA saat usianya masih sangat muda. 

6. Daniel Lui

Siapa yang menyangka bila orang yang mempublikasikan sejumlah artikel di Journal of the American Chemical Society, Synlett, dan Journal of chemical education merupakan seorang bocah berusia 12 tahun. Danie Lui adalah keturunan Asia yang telah berhasil mencuri perhatian karena bakat dan kemampuannya dalam bidang Kimia di Amerika Serikat. 

Nama Daniel Lui mulai dikenal masyarakat luas setelah salah seorang teman kuliahnya di Universitas Toledo mengunggah status tentang dirinya yang telah mengikuti kelas kimia organik. Di usianya yang ke-14 tahun, Daniel diketahui telah menjadi seorang peneliti di laboratorium kimia organik, dan berhasil menjadi asisten profesor Michael Young pada tahun 2018 silam.

7. Sabrina Pasterski 

anak anak jenius di dunia_Sabrina PasterskiSumber: whyy.org

Sabrina Pasterski adalah anak yang disebut memiliki kejeniusan yang hampir sama seperti yang dimiliki oleh Albert Einstein. Sabrina merupakan fisikawan muda yang berhasil menerbangkan pesawat bermesin tunggal buatannya sendiri saat usianya baru 14 tahun. Hal itu kemudian membuatnya menjadi orang termuda yang berhasil menerbangkan pesawat buatannya sendiri. 

Sabrina diketahui telah berhasil menarik perhatian pihak NASA dan SpaceX. Selain itu, karena kemampuannya yang luar biasa, ia pun sempat mendapat tawaran pekerjaan dari pemilik Amazon, Jeff Bezos, sebagai pengembang atau produsen Blue Origin. 

8. Yuma Soerianto 

anak anak jenius di dunia_Yuma SoeriantoSumber: orami.co.id

Anak jenius selanjutnya diketahui berdarah Indonesia. Ia adalah Yuma Soerianto, yaitu anak keturunan Indonesia yang lahir dan besar di Australia. Saat Yuma masih berusia 9 tahun, Ia berhasil menarik perhatian dunia berkat kecerdasan dan keahliannya di bidang pemrograman komputer. Ia diketahui mulai mempelajari coding ketika usia 6 tahun dan berhasil menjadi developer aplikasi termuda. 

Kemampuannya tersebut bahkan sempat memukau CEO Apple. Di usianya yang terbilang belia, Yuma diketahui telah menciptakan sejumlah aplikasi seperti Let's Stack, Weather Duck, Kid Calculator, Hunger Button, dan Pocket Poke. 

9. Jack Andraka 

anak anak jenius di dunia_Jack AndrakaSumber: ted.com

Jack Andraka adalah seorang anak yang berhasil menemukan sensor kanker saat usianya masih 15 tahun. Sensor kanker hasil ciptaannya tersebut disebut sebagai sensor yang paling akurat untuk mendeteksi kanker. Awal mula penemuannya tersebut terinspirasi dari salah seorang kerabatnya yang meninggal karena menderita kanker pankreas. 

Keberhasilan Jack menciptakan sensor pun sempat meraih penghargaan tertinggi dari Intel Science Fair 2012 silam. Hebatnya, Jack sendiri mempelajari semua hal tersebut melalui jurnal ilmiah secara gratis yang diperolehnya di internet. 

10. Jacob Barnett

Anak terakhir yang juga dikenal sangat Jenius adalah Jacob Barnett. Ia merupakan seorang jenius dalam bidang matematika. Dengan IQ 170, Jake berhasil duduk di bangku kuliah di Indiana University-Purdue University Indianapolis saat usianya 12 tahun. Ia mengambil bidang fisika quantum. Meskipun ia di diketahui seorang autisme, tetapi kejeniusannya sendiri telah diakui oleh banyak pihak. 

Beberapa ahli bahkan mengharapkannya dapat mematahkan teori relativitas yang ditemukan oleh Albert Einstein. Selain itu, ia juga diprediksi oleh banyak pihak mampu mendapatkan piala Nobel di masa depan berkat kejeniusannya. 

Demikianlah 10 anak berotak jenius di dunia yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Meskipun berusia relatif muda, tetapi anak-anak jenius tersebut telah membuktikan kehebatannya pada dunia berkat ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Nah, apakah ada anak jenius lain yang kamu ketahui? Biar kita tahu. Tulis komentar di bawah, ya!

Tag: