10 Arsitek Indonesia yang Karyanya Sukses Diakui Dunia

Arsitek adalah salah satu profesi yang cukup bergengsi. Sejumlah bangunan yang cukup ikonik dari berbagai negara terlahir dari tangan dingin para arsitek handal. Indonesia sendiri memiliki beberapa nama besar yang cukup diperhitungkan di dunia arsitektur berkat karyanya. Tidak hanya di luar negeri, para arsitek asal tanah air ini juga cukup dikenal di kancah internasional. 

Siapa saja para arsitek yang dimaksud? Yuk, simak ulasan menarik yang telah Bacaterus rangkum melalui artikel di bawah. Berikut adalah daftarnya:

1. Ir Soekarno 

arsitek indonesia yang mendunia_Ir Soekarno

Selain dikenal sebagai seorang Kepala negara, Ir. Soekarno juga merupakan seorang arsitek handal yang cukup diakui oleh dunia internasional. Ir. Soekarno merupakan lulusan dari jurusan teknik sipil pada tahun 1926 di Technische Hoogeschool te Bandoeng yang sekarang lebih dikenal dengan nama Institut Teknologi Bandung atau ITB, yang berlokasi di kota kembang, Bandung. 

Beberapa rancangan bangunan yang dipengaruhi oleh beliau yang cukup terkenal diantaranya adalah Monumen Nasional atau lebih populer dengan sebutan Monas, Gedung Sarinah, dan juga Gedung MPR / DPR. Bangunan-bangunan tersebut merupakan ikon kota Jakarta yang cukup populer, bahkan sampai ke mancanegara. 

2. Budi Pradono 

arsitek indonesia yang mendunia_Budi PradonoSumber: indonesiadesign.com

Budi Pradono adalah arsitek berprestasi asal tanah air yang telah berhasil menarik perhatian dunia. Berkat karyanya yang luar biasa, Budi Pradono sempat meraih penghargaan di ajang Arcasia Architecture Award atau AAA di tahun 2016 yang diikuti oleh 19 negara Asia. Budi Pradono sendiri diketahui merupakan lulusan arsitek di Universitas Duta Wacana Christian, Jogjakarta. 

Beberapa rancangan bangunan yang berhasil melambungkan namanya antara lain; Rumah Miring, Dancing Mountain House, dan Casablanca Residence. Hampir sebagian besar desain rancangannya sendiri berfokus pada gaya hidup kontemporer, keramahtamahan, dan desain urban. 

3. Achmad Noe'man

Achmad Noe'man adalah seorang arsitek tanah air yang dikenal dengan sebutan arsitek Indonesia sejuta masjid. Kepiawaiannya dalam merancang bangunan telah berhasil menarik perhatian dunia. Sebagai seorang arsitek, Achmad Noe'man dikenal sebagai pelopor desain bangunan masjid tanpa kubah. Selain itu, ia juga merupakan tokoh pendiri dari organisasi IAI atau Ikatan Arsitek Indonesia.

Beberapa karyanya yang cukup dikenal diantaranya adalah Masjid Islamic Center Jakarta, Masjid Salman ITB Bandung, Masjid At Tin, Masjid Amir Hamzah Ismail Marzuki, Masjid Istiqlal, Sarajevo, Bosnia dan Masjid Syekh Yusuf di Cape Town, Afrika. 

4. Ridwan Kamil  

arsitek indonesia yang mendunia_Ridwan KamilSumber: voi.id

Ridwan Kamil adalah pria asal Bandung, yang dikenal juga sebagai gubernur Jawa Barat. Lulusan Institut Teknologi Bandung dan University of California ini merupakan arsitek yang cukup dikenal, tidak hanya di tanah air tapi juga luar negeri. Sejumlah karyanya dikenal karena keindahan dan juga nilai filosofi yang terkandung di dalamnya. 

Beberapa karya dari pria yang sempat meraih penghargaan Green Design Award dari Asia Building Construction Information (BCI) Asia pada 2009 ini antara lain; Bottle House Bandung, Museum Tsunami Aceh, Masjid Al Safar, Marina Bay Waterfront Master Plan di Singapura, Ningbo Newtown di Tiongkok, dan Beijing Finance Street. 

5. YB Mangunwijaya PR 

Siapa yang tidak mengenal sosok YB Mangunwijaya? Beliau dikenal sebagai Bapak Arsitektur Modern Indonesia. Sejumlah karyanya yang mengagumkan bahkan berhasil menarik perhatian dunia internasional. YB Mangunwijaya sendiri diketahui telah berhasil meraih sejumlah penghargaan untuk  kiprahnya dalam bidang arsitektur. Salah satunya adalah Aga Khan Award for Architecture. 

Beberapa karyanya yang cukup dikenal diantaranya adalah pemukiman warga tepi Kali Code di Yogyakarta, Kompleks Religi Sendangsono, Biara Trappist Gedono, dan beberapa gereja yang tersebar di beberapa kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan daerah Jawa lainnya. 

6. Daliana Suryawinata

arsitek indonesia yang mendunia_Daliana SuryawinataSumber: INDESIGNLIVE.UK

Daliana Suryawinata merupakan satu dari sekian banyak arsitek wanita yang sukses. Wanita yang sempat mengenyam pendidikan di Universitas Tarumanegara dan Berlage Institute Belanda ini diketahui pemilik dari perusahaan konsultan arsitektur bernama Suryawinata Heinzelmann Architecture and Urbanism atau SHAU, yang tersebar di beberapa kota di dalam negeri dan Munich, Jerman. 

Ia juga merupakan arsitek wanita Indonesia satu-satunya yang sempat meraih penghargaan Architizer A+ New York. Karya yang cukup dikenal adalah Microlibrary Bandung. Selain itu juga sempat meraih penghargaan bergengsi untuk kiprahnya seperti Archinesia Certificate of Appreciation 2012 dan Indonesian Diaspora Award for Innova Tiongkok-ASEAN 2012 dari Pemerintah Republik Indonesia. 

7. Andra Matin 

Isandra Matin Ahmad atau dikenal Andra Matin adalah perancang selanjutnya yang juga cukup populer karena ciri khas desainnya yang elegan dan modern. Pria lulusan Universitas Parahyangan Bandung ini diketahui telah merilis beberapa karya yang cukup inovatif seperti Samanea Hill, Potato Head Beach Club Bali, GBK Aquatic Center, Jakarta, dan Masjid Apung Ancol. 

Andra Matin juga diketahui telah menunjukkan prestasi yang cukup membanggakan di dunia internasional berkat karya rancangannya yang berjudul Elevation. Wallpaper Architecture Directory sendiri sepat menobatkannya sebagai salah satu dari 101 arsitek dunia, yang cukup berpengaruh di tahun 2007. 

8. Han Awal 

Pria bernama asli Han Hoo Tjwan adalah arsitek Indonesia yang juga cukup dikenal di dunia. Prestasinya dalam membuat desain bangunan sempat membuahkan sebuah penghargaan International Award of Excellence UNESCO Asia Pacific Heritage pada tahun 2001. Han Awal sendiri menjadi salah satu arsitek tanah air yang cukup berpengaruh di dunia arsitektur. 

Ia dikenal sebagai arsitek konservatoris yang berfokus pada pemugaran bangunan-bangunan tua bersejarah. Beberapa pemugaran bangunan yang diketahui sempat ditanganinya diantaranya adalah Gedung Arsip Nasional, Gereja Katedral, dan Gedung Bank Indonesia, dan Gedung Arsip Nasional. 

9. Frederich Silaban 

arsitek indonesia yang mendunia_Frederich Silaban

Frederich Silaban adalah salah satu arsitek yang cukup menginspirasi. Frederich diketahui menjalani pendidikan formal di H.I.S. Narumonda, Tapanuli tahun 1927, Koningen Wilhelmina School (K.W.S.) di Jakarta pada tahun 1931, dan Academie van Bouwkunst Amsterdam, Belanda pada tahun 1950. 

Kepiawaiannya dalam membuat rancangan dapat dilihat dari sejumlah karyanya yang fenomenal seperti Monumen Khatulistiwa Pontianak, Gelora Bung Karno, Monumen Nasional, dan juga Masjid Istiqlal Jakarta. Karena prestasinya dalam bidang arsitektur, Ia pun dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Jasa Sipil berupa Bintang Jasa Utama dari pemerintah Indonesia. 

10. Yori Antar 

Gregorius Antar Awal atau lebih populer dengan nama Yori Antar merupakan arsitek kebanggan tanah air. Pria lulusan Arsitektur Universitas Indonesia pada tahun 1989 merupakan perancang yang fokus pada pelestarian warisan arsitektur tanah air dari kepunahan. Ia sendiri cukup dikenal karena keberhasilannya menginisiasi pembangunan rumah adat yang terdapat di Flores. 

Ia sendiri kemudian mendirikan Rumah Asuh, yang bertujuan untuk menyelamatkan situs atau bangunan tradisional di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Beberapa bangunan yang berhasil diselamatkan antara lain; Mbaru Niang di Wae Rebo, rumah tenun Dayak Sintang, dan Ngata Toro di Sulawesi Tengah. Karena keahliannya tersebut, ia pun berhasil menarik perhatian dunia. 

Demikian 10 Arsitek Indonesia yang karyanya diakui dunia, yang berhasil Bacaterus rangkum. Keberhasilan mereka dalam bidang arsitektur merupakan hasil dari kerja keras serta keseriusan para arsitek dalam menunjukkan hasil karya terbaik. Semoga informasi mengenai para arsitek tanah air di atas bisa menginspirasi kita untuk bisa berkarya.

Tag: