Inilah 10 Macam Asuransi Teraneh dan Terunik di Dunia

Asuransi yang biasa kamu kenal mungkin asuransi yang berkenaan dengan kesehatan, pendidikan atau juga asuransi yang berkenaan dengan properti. Hal ini sangat mudah kamu pahami karena hal-hal tersebut dianggap sebagai aset yang sangat berharga bagi sebagian besar masyarakat.

Tetapi tahukah kamu ada beberapa jenis asuransi yang tidak biasa, bahkan terdengar aneh bagi orang awam? Beberapa asuransi ini mungkin terdengar aneh, tetapi mereka hadir untuk memberikan perlindungan pada orang-orang dari risiko yang mungkin dihadapi.

1. Asuransi untuk Penculikan oleh Alien

asuransi paling aneh di dunia_Asuransi untuk Penculikan oleh Alien

Sebuah perusahaan di Amerika Serikat menawarkan jenis asuransi yang tidak biasa, yaitu asuransi penculikan oleh alien. Perusahaan itu bernama Saint Lawrence Agency yang berada di Florida Amerika Serikat. Asuransi yang mereka tawarkan adalah The UFO Abduction & Casualty Insurance Company.

Asuransi yang ditawarkan itu bernilai 10 juta dolar Amerika, dan perusahaan ini telah menjualnya dari sekitar tahun 1987. Perlindungan yang ditawarkan tersebut mencakup perawatan rawat jalan oleh psikiater, serta perlindungan sarkasme yang akan dihadapi oleh korban penculikan.

Selain di Amerika Serikat, asuransi untuk perlindungan dari penculikan oleh alien juga ditawarkan di Inggris. Perusahaan pialang yang berbasis di London tersebut dikatakan telah menjual jenis asuransi ini hingga sekitar 30 ribu di seluruh Eropa.

2. Asuransi Pernikahan

asuransi paling aneh di dunia_Asuransi PernikahanSumber: flickr.com

Pernikahan tentunya membutuhkan biaya yang cukup banyak. Pernikahan yang sederhana saja dapat menelan biaya sekitar 50 juta rupiah. Tetapi terkadang ada hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti pembatalan karena bencana alam atau karena terjadi kecelakaan selama pernikahan berlangsung.

Asuransi pernikahan, mungkin bisa jadi jawaban pada masalah tadi. Apa saja yang dilindungi oleh asuransi pernikahan? Perlindungan yang ditawarkan asuransi pernikahan adalah pembatalan yang terjadi karena bencana alam atau hal pribadi, seperti cedera atau kerusakan properti.

Ada juga yang tidak dilindungi oleh asuransi pernikahan yaitu jika kamu ditinggal pasangan. Kecuali untuk satu perusahaan, yaitu Wedsure, yang memberikan pengecualian pada ketentuan tadi. Hanya saja aturan ini berlaku jika pernikahan tersebut didanai oleh pihak ketiga.

3. Asuransi Perubahan Hati

asuransi paling aneh di dunia_Asuransi Perubahan HatiSumber: flickr.com

Asuransi Perubahan Hati atau biasa disebut dengan “Change of Heart Insurance” merupakan asuransi yang sejenis dengan asuransi pernikahan. Jika Asuransi pernikahan melindungimu dari bencana alam atau terjadi kecelakaan selama pernikahan, maka asuransi ini ditujukan untuk orang yang tidak jadi menikah.

Jika suatu saat pasangan kamu berubah perasaannya dan tidak ingin menikahimu, asuransi ini dapat melindungimu yang gagal menikah. Hanya saja yang berhak mendapatkan penggantiannya adalah pihak orang tua dari pihak pengantin pria maupun wanita. 

Tetapi kamu akan memperoleh pembayaran untuk klaim asuransi ini, jika klaim telah diajukan satu tahun atau lebih sebelum pernikahan berlangsung. Jika kamu berubah pikiran dan ingin membatalkan pernikahan, segera beritahu pemberi dana pernikahanmu satu tahun sebelum pernikahan.

4. Asuransi Untuk Kejatuhan Kelapa

asuransi paling aneh di dunia_Asuransi Untuk Kejatuhan KelapaSumber: flickr.com

Kelapa yang jatuh dan menimpa manusia dapat menyebabkan cedera yang cukup serius, bahkan hingga kematian. Kematian oleh kelapa yang jatuh awalnya dianggap hanya sebagai legenda urban. Tetapi sesungguhnya kematian yang diakibatkan kelapa jatuh menimpa sekitar 150 orang di seluruh dunia.

Semuanya berawal dari karya ilmiah seorang dokter bernama dr. Peter Barss dengan judul "Injuries Due to Falling Coconuts" dalam Journal of Trauma. Lalu tahun 2002 hal ini dikuatkan oleh klaim  dari direktur International Shark Attack File, George H. Burgess, tentang meninggal karena kejatuhan kelapa. 

Hingga akhirnya sebuah perusahaan travel di Inggris, Club Direct, menawarkan asuransi untuk perlindungan dari kejatuhan kelapa. Bahkan perusahaan ini pernah membayar klaim seorang wanita yang tertimpa kelapa saat membaca buku di Sri Lanka.  Asuransi ini cukup dibutuhkan saat kamu berlibur ke negara tropis.

5. Asuransi Bagian Tubuh

asuransi paling aneh di dunia_Asuransi Bagian TubuhSumber: flickr.com

Jenis asuransi ini mungkin kamu sering mendengarnya, biasanya asuransinya dilakukan oleh para selebritas atau juga para olahragawan. Bagi mereka, tubuh adalah aset yang sangat berharga yang memberikan mereka pundi-pundi kekayaan. Asuransi adalah cara mereka mengamankan asetnya.

Para selebritas yang mengasuransikan tubuh mereka di antaranya adalah seorang penyanyi kenamaan, yaitu Bruce Springsteen, seorang penyanyi yang mengasuransikan suaranya senilai 6 juta dolar Amerika Serikat. Lalu ada juga seorang supermodel Heidi Klum yang mengasuransikan kakinya senilai 2 juta dolar. 

Selain dari para selebritas, ada juga orang yang ahli dalam bidangnya masing-masing seperti para pencicip makanan. Biasanya mereka akan mengasuransikan indra perasa pada lidahnya. Seperti pada Hayleigh Curtis seorang pencicip cokelat Cadbury, dan Egon Ronay seorang kritikus makanan. 

6. Asuransi Kelahiran Bayi Kembar

asuransi paling aneh di dunia_Asuransi Kelahiran Bayi KembarSumber: flickr.com

Kelahiran kembar saat ini sudah dapat diketahui dengan teknologi canggih. Tetapi ada baiknya jika kamu mempersiapkan kebutuhan untuk bayi kembar jauh-jauh hari, sama dengan asuransi berikut ini yang memproteksi diri dengan asuransi kelahiran bayi kembar.

Polis asuransi akan dibayarkan jika ternyata kamu melahirkan bayi kembar. Perusahaan asuransi akan mengharuskan kamu untuk membayar polis asuransi pada masa kehamilan berlangsung. Jika kelahiranmu kembar, maka perusahaan asuransi akan membayar uang kompensasi dan juga biaya tambahan.

7. Asuransi Lotre

asuransi paling aneh di dunia_Asuransi Lotre

Asuransi pemenang lotre merupakan jenis asuransi yang digunakan untuk melindungi para pengusaha kelas menengah jika banyak pekerjanya berhenti bekerja mendadak karena menang lotre. Jika banyak para pekerja berhenti mendadak dari pekerjaannya, maka akan menurunkan produktivitas dari perusahaan.

Antisipasi tersebut dilakukan oleh perusahaan di Inggris dengan mengajukan asuransi lotre untuk menutupi masalah finansial yang mungkin terjadi jika banyak pekerja di perusahaan berhenti mendadak karena menang lotre, dan juga biaya yang harus dikeluarkan untuk  perekrutan pekerja sementara.

8. Asuransi Kumis dan Bulu Dada

asuransi paling aneh di dunia_Asuransi Kumis dan Bulu Dada

Asuransi yang satu ini juga jenis asuransi yang tidak biasa karena benda yang diasuransikan adalah berupa kumis. Asuransi ini dilakukan oleh seorang pemain kriket dari Australia yang bernama Merv Hughes. Kumisnya diasuransikan dengan sekitar 370 ribu dolar Amerika Serikat selama menjadi anggota tim kriket.

Tetapi asuransi kumis dari Hughes ini masih kalah jika dibandingkan dengan asuransi yang dilakukan oleh seorang penyanyi Tom Jones. Dia mengasuransikan bulu dadanya senilai 7 juta US dollar. Tom Jones merupakan seorang penyanyi yang dianggap sebagai simbol sex pada masanya.

9. Asuransi untuk Kelahiran Suci

asuransi paling aneh di dunia_Asuransi untuk Kelahiran SuciSumber: flickr.com

Asuransi yang satu ini ditawarkan oleh sebuah perusahaan asuransi dari Inggris. Asuransinya sendiri bernama “Immaculate Conception Coverage”. Immaculate memiliki arti suci, atau tak bernoda, hal ini karena asuransi ini merupakan perlindungan untuk kelahiran dari wanita perawan seperti Bunda Maria.

Polis asuransinya mencakup biaya membesarkan anak yang dilahirkan dengan cara seperti ini. Premi yang dikumpulkan perusahaan asuransi sekitar enam tahun. Tetapi Asuransi ini mendapatkan banyak keluhan dari pihak gereja maupun dari pihak masyarakat, sehingga akhirnya asuransi ini dibatalkan.

10. Asuransi Binatang Ternak

asuransi paling aneh di dunia_Asuransi Binatang TernakSumber: flickr.com

Kebanyakan asuransi hewan peliharaan hanya menutupi biaya medis saja. Itu pun biasanya hanya berlaku pada binatang peliharaan seperti anjing dan juga kucing. Lalu bagaimana dengan orang-orang yang memiliki binatang peliharaan berupa ayam, bebek atau binatang yang lainnya?

Sebuah perusahaan di Amerika yaitu The Hartford menawarkan asuransi untuk binatang ternak dan juga kematian hewan kepada para pemilik hewan ternak. Mereka telah berdiri sejak tahun 1916 dengan menawarkan perlindungan hewan ternak seperti kuda, unggas, dan semua ternak komersial.

Asuransi ini mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang, tetapi bagi sebagian yang lain hal ini berkaitan erat dalam memberikan ketenangan pada pikiran mereka.

Setiap orang memiliki kegelisahannya masing-masing dan mereka mencoba mendapatkannya dengan asuransi yang mungkin terdengar aneh. Asuransi dari anggota badan, kumis hingga bulu dada, yang mereka anggap sebagai aset,  pastinya membuat mereka dapat tidur dengan nyenyak.

Tag: