10 Frozen Dessert Terenak di Dunia yang Menggugah Selera

Istilah frozen dessert atau makanan penutup beku umumnya mencakup semua jenis makanan penutup yang dimakan dalam kondisi beku. Dessert beku ini bisa berbahan dasar air beraroma (es serut, es loli, sorbet, kerucut salju), pure buah (seperti sorbet), susu dan krim (kebanyakan es krim), pada custard (custard beku dan beberapa es krim).

Ada juga yang berbahan dasar mousse (semifreddo) dan lainnya. Kadang-kadang di Asia Selatan dan negara lain dijual sebagai es krim. Tiap-tiap negara memiliki frozen dessert-nya masing-masing. Berikut ini adalah macam-macam frozen dessert terenak di dunia.

1. Piragua, Puerto Rico

Di Puerto Rico para penjual gerobak piragua bekerja cukup keras.  Mereka mendorong gerobak ke kota untuk menjual frozen dessert yang dibuat sesuai pesanan. Biasanya makanan penutup beku ini dijual di gerobak berwarna cerah oleh para piragüeros, yaitu pembuat kerucut salju. 

Nama piragua berarti kano dalam bahasa Taino, walaupun tidak ada yang tahu pasti bagaimana kata itu dihubungkan dengan suguhan manis warna-warni ini. 

Cara penyajiannya yaitu dengan membuat kerucut kertas yang kemudian diisi es serut lembut. Es-nya, yang menyerupai piramida diberi topping sirup sesuai selera. Ada rasa tropis alami seperti kelapa, mangga, dan nanas. Ada juga pilihan stroberi, ceri, anggur, dan lainnya.

2. Halo-Halo, Filipina

Halo-halo yang menyegarkan dalam bahasa Tagalog secara harfiah berarti campur-campur. Frozen dessert ini adalah makanan penutup musim panas atau camilan dari buah-buahan dan kacang-kacangan campur. Di atasnya diberi es yang dihancurkan halus, susu, atau es krim. 

Beberapa bahan halo-halo yang paling umum adalah pisang, kelapa, nangka, kacang hijau, ubi jalar, buah aren, chickpea atau kacang arab, leche flan, selai ubi ungu, dan bahkan jagung manis atau keripik jagung.

Frozen dessert ini bahannya terkait dengan sejarah Filipina sebagai koloni Spanyol, Jepang dan Amerika Serikat. Awalnya, makanan penutup halo-halo dijual oleh para penjual asal Jepang di toko-toko atau di banyak warung pinggir jalan sebelum pendudukan Filipina pada tahun 1940-an. 

Faktanya, makanan khas Filipina ini sering dikatakan terinspirasi oleh es serut dingin yang disebut anmitsu yaitu minuman musim panas Jepang lainnya.

3. Açaí Na Tigela, Brasil

Açaí na tigela merupakan frozen dessert khas Brasil yang dibuat dari buah açaí tumbuk. Makanan penutup beku ini biasanya dihidangkan dalam mangkuk, diberi topping pisang dan granola, serta dikombinasikan dengan buah-buahan lain dan sirup guaraná

Pohon palem açaí tumbuh subur di seluruh lembah Amazon, dan buah berinya memiliki rasa yang bersahaja dan tekstur yang padat. Makanan penutup ini bisa ditemukan di seluruh Brasil, khususnya di sepanjang pantai timur laut yang dijual di sebagian besar kios dan bar jus. 

Pertama kali Açaí ini dipopulerkan pada tahun 1980-an oleh seorang pendiri Jujitsu Brasil bernama Carlos Gracie. Seiring berjalannya waktu, peselancar Brasil ikut dalam tren di tahun 1990-an dan pada tahun 2000-an tersebut.

Semangkuk açaí yang menyegarkan, beraroma, dan sehat kemudian menyebar kepopulerannya di luar Brasil, terutama di Hawaii dan California Selatan. Menjadikan makanan ini hidangan yang sering disantap peselancar.

4. Booza, Levant dan Timur Tengah

frozen dessert terenak di dunia_BoozaSumber: dogonews.com

Booza merupakan sejenis es krim yang asalnya dari Levant dan Timur Tengah. Selain bahan baku standar misalnya susu, krim, dan berbagai tambahan rasa, booza dikentalkan dengan sahlab, yaitu pengental yang terbuat dari umbi anggrek dan getah damar wangi.

Bahan-bahan tersebut lalu ditumbuk dengan palu kayu sampai campurannya mencapai kekentalan yang unik dan elastis. Karena tidak ada telur atau udara yang ditambahkan, booza menghasilkan es krim yang kaya rasa dengan tekstur yang sangat padat dan lembut. 

Rasa booza paling tradisional dikenal sebagai kashta atau qashta, yang merupakan variasi krim gumpalan yang sering diberi rasa dengan bunga jeruk dan air mawar. Namun perasa standar lainnya juga digunakan, seperti buah, cokelat, dan kacang-kacangan.

Kerap diberi julukan sebagai salah satu varian es krim tertua, booza kini muncul di luar tempat asalnya, khususnya di Amerika Serikat. Varian es krim serupa booza juga dapat ditemukan di Turki, yaitu dondurma dan Yunani, yaitu kaimaki.

5. Kulfi, India

frozen dessert terenak di dunia_KulfiSumber: pixabay.com

Bagi melancong ke India, Pakistan, atau Nepal, kamu pasti akan ditawari secangkir kulfi. Custard krim beku ini merupakan frozen dessert terenak berbahan dasar susu yang dikentalkan dengan pasta air tepung maizena. 

Secara tradisional, kulfi diberi rasa dengan bahan-bahan lokal seperti kapulaga, kunyit, mawar, mangga, dan bahkan pistachio. Sementara versi kontemporernya termasuk Nutella, alpukat, apel, dan jeruk. Tapi para penggemar setia kulfi sendiri lebih suka berpegang pada rasa aslinya.

Salah satu frozen dessert terenak di dunia ini dipercaya ditemukan oleh masyarakat kuno Himalaya pada era Kekaisaran Mughal. Terdapat beberapa perbedaan utama antara kulfi dan es krim biasa. Kulfi memiliki lebih sedikit udara dan lebih padat dibandingkan es krim biasa.

Hal ini karena susu menjadi lebih pekat selama proses memasak. Saat ini, kulfi dapat dibuat di rumah atau di warung pinggir jalan yang dijual oleh pedagang yang disebut kulfiwalas.

6. Patbingsu, Korea Selatan

Yang suka makanan Korea pasti kenal patbingsu. Ini adalah salah satu frozen dessert terenak di dunia yang populer di Korea Selatan. Namanya berarti ‘serpihan es kacang merah’. Dessert ini berbahan dasar es serut yang ditambah pasta kacang azuki manis dan diberi susu kental manis. 

Patbingsu sering diberi topping dengan potongan kue beras Korea yang dikenal sebagai tteok, buah segar, atau sereal. Meskipun ada banyak variasi dengan topping berbeda, topping yang ditambahkan sesuai dengan preferensi pribadi.

Frozen dessert ini menjadi makanan populer di musim panas walaupun biasanya dapat dijumpai dari  Mei sampai Oktober di Korea Selatan. Makanan penutup beku ini dipuji karena memiliki kombinasi rasa dan tekstur antara renyah, lembut juga kenyal. 

Walaupun hidangan ini terdiri dari beberapa lapisan yang berbeda, biasanya sebelum disantap semua bahan diaduk bersama sampai es serut meleleh. Hidangan kemudian berubah menjadi semacam sup dingin yang manis.

Pada awalnya patbingsu disiapkan sebagai jajanan kaki lima pada akhir 1950-an. Namun sekarang dessert ini bahkan dapat ditemukan di restoran kelas atas.

7. Semifreddo, Italia

frozen dessert terenak di dunia_SemifreddoSumber: pixabay.com

Resep pertama untuk semifreddo muncul kira-kira di pergantian abad ke-20. Frozen dessert terenak di dunia ini merupakan modifikasi dari parfait Prancis klasik. 

Akan tetapi, seorang koki Italia terkenal, jurnalis, dan sejarawan makanan bernama Marino Marini menulis bahwa semifreddo Italia lebih sempurna daripada parfait Prancis  karena sensasi krimnya yang superior.

Semifreddo dibuat dengan mengaduk krim kocok dengan lembut menjadi meringue Italia yang kental dan mengilap yang dapat diberi rasa apa saja. Seperti kacang-kacangan, nougat, buah-buahan, cokelat, vanila, atau bahkan crema pasticcera, yaitu krim puding Italia yang kental.

Kreasi hebat ini posisinya berada di tengah-tengah antara mousse dan es krim. Meskipun demikian, frozen dessert terenak di dunia ini adalah salah satu dari sedikit makanan penutup yang dapat dengan mudah menonjolkan kehebatan keduanya. 

Semifreddo yang secara harfiah artinya ‘setengah dingin’ ini didinginkan sampai mengeras lalu disajikan setengah beku. Sementara itu, teksturnya yang ringan dan nyaris halus membuatnya meleleh di lidah ketika disantap.

8. Sheer yakh, Afghanistan

Sheer yakh, yang berarti susu beku atau susu dingin dalam bahasa Dari, merupakan frozen dessert tradisional Afghanistan. Sajian ini dibuat menggunakan bahan yang sama dengan es krim kulfi India, tapi dibuat dengan cara berbeda. 

Bahan-bahan es krim seperti gula, susu, dan perasa ditambahkan ke dalam wadah logam, yang kemudian dimasukkan ke dalam wadah logam lain yang diisi es dan garam.

Orang yang membuat es krim secara terus menerus memutar wadah yang berisi bahan-bahan secara manual di dalam wadah berisi es yang tidak bergerak dan sesekali mengaduk campuran krim tersebut hingga membeku. Perasa khas yang ditambahkan termasuk air mawar, kapulaga, dan sahlab.

Makanan kaki lima musim panas favorit ini biasanya disajikan dalam mangkuk kecil dan atasnya diberi taburan pistachio cincang, almond, dan krim kental.

9. Baobing, Cina

Baobing merupakan salah satu frozen dessert terenak di dunia yang cukup sederhana. Makanan penutup beku ini terdiri dari es serut halus dan buah segar seperti lengkeng, mangga, dan rambutan. Di atasnya diberi susu kental manis, sirup gula rasa, kacang hijau, dan kacang tanah. 

Selama hari-hari musim panas, baobing sangat populer di Cina, Taiwan, dan Vietnam. Saat itu baobing dapat ditemukan di banyak pasar malam, di antara kios tahu dan pancake.

Sejarah baobing dapat ditelusuri kembali lebih dari 1000 tahun yang lalu. Makanan penutup beku ini sudah dikonsumsi di Cina sejak abad ke-7. Hingga sekarang, dessert ini telah berkembang dan bahkan bisa ditemukan di beberapa restoran Asia di Amerika Serikat.

10. Bastani Sonnati, Iran

Bastani sonnati merupakan es krim Iran dengan kandungan kunyit unik yang ditemukan di awal abad ke-20 oleh Akbar Mashti, seorang penjual es krim pertama di Teheran. Frozen dessert ini dibuat dengan campuran custard beku, krim susu atau krim, dan irisan pistachio.

Salah satu frozen dessert terenak di dunia ini diberi rasa dengan air mawar dan kunyit serta secara tradisional menggabungkan sahlab yakni bahan yang diekstrak dari anggrek liar. Warna kuning cerah dan rasa yang eksotis menjadikan bastani salah satu manisan favorit Iran. 

Penduduk Iran lebih suka menikmatinya dalam mangkuk dengan taburan pistachio parut. Bastani sonnati juga bisa disajikan dengan dua wafer polos, yang dikenal sebagai sandwich es krim bastani nooni.

Deretan frozen dessert terenak di dunia ini sudah pasti menggugah seleramu, khususnya kamu penyuka makanan manis dan dingin. Makanan penutup beku ini dibuat dengan cara yang unik dan bahan yang beragam. Umumnya menonjolkan bahan-bahan yang menjadi ciri khas negara tersebut, seperti safron, kacang pistachio, atau kunyit.

Kalau kamu sedang craving ingin makanan manis yang dingin, kamu bisa mencoba salah satu makanan ini. Mungkin kamu bisa mampir ke restoran India untuk menikmati kulfi atau restoran Korea untuk menyantap patbingsu. Selamat mencoba!

Tag: