10 Hantu Paling Seram yang Berasal dari Negara Thailand

Hantu sering diidentikkan dengan arwah atau roh dari orang yang meninggal secara tidak wajar. Hantu sering kali dicap sebagai sosok pengganggu dan juga pembawa petaka. Sama seperti di Indonesia, di negara Thailand pun terdapat beberapa sosok hantu yang cukup ditakuti keberadaannya. Beberapa sosok hantu, bahkan kerap kali diangkat sebagai tema cerita dalam film layar lebar.

Nah, hantu menyeramkan apa saja yang ada di negeri gajah putih, Thailand? Yuk, simak ulasan yang telah Bacaterus rangkum mengenai sosok mereka dalam artikel di bawah.

1. Krasue

Sumber: vice.com

Krasue adalah hantu yang cukup terkenal terutama di Thailand. Sekilas Krasue memang mirip hantu Kuyang yang ada di Indonesia. Krasue sendiri adalah hantu berbentuk kepala terbang dengan organ tubuh yang masih menempel. Hantu ini konon suka memangsa bayi dan janin yang masih ada dalam kandungan.

Masyarakat Thailand sendiri percaya bahwa Krasue adalah orang yang mendapat kutukan. Mereka biasanya mencari mangsa pada malam hari. Sementara pada siang hari mereka menjelma seperti manusia biasa. Untuk menangkal kehadiran mereka, masyarakat Thailand kerap membuat sebuah ramuan dan akan menaburkannya di sekeliling rumah.

2. Nang Tani

Sumber: artstation.com

Jika di Indonesia pohon pisang identik dengan keberadaan hantu Pocong, di Thailand pohon pisang merupakan tempat bagi hantu wanita yang dikenal dengan Nang Tani atau Kluai Tani. Hantu wanita ini kerap menampakkan diri dengan pakaian tradisional berwarna hijau khas Thailand dengan kaki yang melayang.

Masyarakat Thailand sendiri percaya bahwa hantu ini tidak suka mengganggu. Meski begitu, hantu ini juga bisa mencelakai seseorang. Biasanya orang yang mereka celakai adalah pria yang telah berbuat jahat pada wanita. Masyarakat Thailand sendiri percaya bila menebang pohon tempat hantu itu berada bisa mendatangkan kesialan.

Nah, karena alasan ini pula hampir sebagian besar masyarakat Thailand takut untuk menanam pohon pisang tepat di halaman rumah mereka.

3. Pret

Sumber: theculturetrip.com

Phi Pret atau Pretah merupakan sosok hantu dalam cerita rakyat Budha. Hantu ini digambarkan memiliki tubuh setinggi pohon kelapa dengan tangan yang cukup panjang, bahkan sampai seukuran dengkul mereka. Konon, Pret sendiri merupakan reinkarnasi orang-orang yang bersifat tamak dan kerap berbuat jahat.

Meski memiliki mulut yang kecil, tetapi mereka memiliki nafsu makan yang besar. Masyarakat Thailand sendiri percaya bahwa Pret kerap mengunjungi tempat peribadatan sebagai bentuk penyesalan atas perbuatannya. Kemunculan Pret sendiri biasanya ditandai dengan hembusan angin, yang dipercaya oleh masyarakat Thailand merupakan suara teriakannya yang penuh sesal.

4. Phi Lang Kluang

Sumber: ulvaardillah.blogspot.com

Hantu Thailand selanjutnya yang tidak kalah membuat bulu kuduk berdiri adalah Phi Lang Kluang. Hantu yang kerap menyamar diantara para turis asing ini sering berkeliaran di bagian selatan Thailand. Sepintas hantu ini seperti manusia biasa yang terlihat normal. Namun, ketika mereka mulai menunjukkan jadi dirinya.

Semua orang pasti akan merasa mual saat melihat penampakannya yang menyeramkan sekaligus menjijikkan. Konon, Phi Lang Kluang sering meminta bantuan para turis untuk menggaruk bagian punggungnya, yang diketahui berlubang dengan luka nanah, serta dipenuhi dengan belatung, cacing, dan juga kelabang. Kira-kira mirip hantu apa kalau di Indonesia?

5. Phi Am

Sumber: theculturetrip.com

Setiap orang pasti pernah mengalami Sleep Paralysis atau istilah yang sering kita dengar di tanah air sebagai ketindihan atau terkena erep-erep. Sama seperti mitos yang beredar di Indonesia, di Thailand sendiri orang-orang yang mengalami ketindihan konon karena hantu yang menduduki dada mereka ketika tidur.

Masyarakat Thailand sendiri menyebut sosok hantu tersebut dengan nama Phi Am. Phi Am sendiri disebutkan hanya mengganggu kaum pria. Jika masyarakat tanah air dianjurkan berdoa sebelum tidur menghindari gangguan, masyarakat Thailand sendiri memiliki cara yang unik agar hantu tersebut tidak mengganggu.

Konon, untuk mengelabui hantu ini, para pria akan mengenakan lipstik sebelum tidur agar dikira sebagai wanita.

Baca juga: Hantu Terseram di Dunia yang Bikin Bulu Kuduk Meremang

6. Mae Nak

Sumber: mubi.com

Mae Nak adalah hantu menakutkan, yang konon terjadi pada abad ke-19, yaitu pada masa pemerintahan raja Mongkut. Mae Nak  adalah seorang wanita cantik yang meninggal saat melahirkan bayinya. Kisah hantu yang cukup populer di Thailand ini sendiri bermula saat sang suami ditugaskan untuk berperang.

Sepulang suaminya dari medan tempur. Ia tidak mengetahui bahwa anak dan istri yang dilihat olehnya di rumah adalah arwah gentayangan. Sang suami yang akhirnya mengetahui bahwa anak dan istrinya adalah hantu kemudian lari ke sebuah kuil.

Sementara Mae Nak yang marah pada para tetangga yang memberitahu suaminya tentang jati dirinya mulai diteror oleh hantu tersebut. Mae Nak sendiri kemudian di kurung dalam sebuah kendi oleh seorang biksu dan dibuatkan kuil tersendiri, yang terletak di pinggir kanal Phra Khanong yang ada di Bangkok.

7. Phi Pop

Sumber: thirtyhertzrumble.com

Diantara hantu Thailand yang telah dibahas di atas, hantu Phi pop disebut hantu paling menakutkan dan berbahaya. Hantu ini diketahui sering merasuki tubuh manusia dan sangat sulit untuk di usir. Masyarakat Thailand sendiri percaya bahwa Phi Pho bersemayam dalam tubuh seorang dukun wanita dan akan berkeliaran pada malam hari untuk memangsa korbannya.

Konon, mereka akan merasuki tubuh orang-orang yang sedang sakit dan memakan organ tubuhnya hingga tewas. Phi pho sendiri menjadi hantu yang paling ditakutkan di Thailand. Mereka bahkan tidak berani menyebut nama tersebut saking takutnya didatangi hantu tersebut.

8. Krahang

Sumber: bangkokpost.com

Krahang adalah hantu laki-laki yang kerap menyamar menjadi sosok manusia. Krahang sendiri kerap muncul di tempat yang sama dengan hantu Krasue melakukan teror. Krahang bergerak terbang dengan bantuan tampian beras yang digunakan sebagai sayap. Mereka biasanya berkeliaran tanpa mengenakan baju dan hanya memakai kain untuk menutup bagian bawahnya.

Masyarakat Thailand sendiri percaya bahwa hantu ini datang untuk mengganggu para gadis yang ada di desa. Meski dikenal tidak berbahaya, tetapi masyarakat Thailand, khususnya para perempuan yang ada di sana sangat takut pada hantu ini.

9. Phi Tai Hong

Sumber: slumberpartyhostels.com

Phi Tai Hong adalah hantu yang dipercaya oleh masyarakat Thailand sebagai arwah dari orang-orang yang mati penasaran. Mereka yang meninggal karena disiksa dan dibunuh akan menjadi sosok hantu ini. Phi Tai Hong dianggap sebagai dalang dari semua gangguan yang sering terjadi di dalam sebuah rumah.

Dendam mereka yang besar membuat mereka sangat kejam dan sangat sulit untuk di usir. Jika wanita hamil yang meninggal dan tidak dikuburkan dengan layak, konon ia akan menjadi sosok Phi Tai Hong yang sangat kuat karena memiliki dua jiwa dalam tubuhnya.

10. Kuman Thong

Sumber: onlineberita.com

Kuman Thong adalah arwah janin atau bayi yang sengaja digugurkan atau yang telah mati di dalam rahim dan dijadikan sebagai jimat oleh masyarakat Thailand. Masyarakat Thailand percaya bahwa roh anak-anak tersebut dapat memperingatkan mereka terhadap bahaya. Selain itu, banyak juga orang yang mempercayai bahwa jimat tersebut dapat memikat hati wanita.

Meski ritual menggunakan janin sebagai jimat sudah banyak ditinggalkan karena dianggap sangat kejam, tetapi masih saja ada dukun yang masih melakukan ritual memanggil arwah bayi tersebut dan menempatkannya pada sebuah boneka. Konon, boneka yang dirasuki oleh Kuman Thong memiliki aura mistis yang kuat. Mereka bisa bergerak, bahkan mengeluarkan suara layaknya seorang anak.

Demikian 10 hantu paling seram yang ada di Thailand, yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Beberapa hantu memang memiliki kemiripan dengan hantu yang ada di Indonesia. Nah, kira-kira hantu mana yang menurut kamu paling menakutkan? Tulis komentarmu di bawah, ya!