Inilah 5 Pemegang Rekor Ikan Mas Koki Terbesar di Dunia

Ikan mas koki raksasa? Memangnya ada? Mungkin itu pertanyaan yang terlintas ketika kamu membaca sebuah berita mengenai ikan mas koki terbesar di dunia. Jawabannya ada! Sepanjang yang kita tahu, ikan mas koki adalah ikan peliharaan yang punya sisik cantik berwarna-warni dan berukuran mungil. Tapi beberapa jenis punya ukuran tubuh yang tidak biasa.

Ini bukan sebuah kelainan. Pasalnya ikan mungil ini bisa mencapai ukuran yang mencengangkan jika dilepaskan ke alam liar atau dirawat dengan pemeliharaan yang ekstra. Ikan mas koki apa saja sih yang paling besar? Dan berapa besar ukurannya? Hari ini kita akan gali lebih dalam mengenai ikan mana saja yang mendapat predikat sebagai ikan paling besar di dunia yang berhasil masuk rekor dunia.

1. Bruce, Si Oranda Merah

Ikan mas koki terbesar ini berasal dari jenis oranda merah. Oranda adalah jenis ikan mas koki yang mempunyai kemiripan fisik dengan ikan mas koki jenis lionhead, yaitu sama-sama mempunyai gumpalan berwarna merah di atas kepalanya.

Namun, perbedaan kedua jenis ikan ini cukup signifikan. Oranda dan lionhead mempunyai bentuk ekor yang berbeda. Inilah yang menjadi pembeda di antara keduanya.

Oranda mempunyai ekor yang lebih panjang dan berwarna dominan putih pekat, sedangkan lionhead tidak. Warna ekornya pun beragam.

Pada umumnya ikan mas koki jenis oranda tumbuh sepanjang kira-kira 5-10 cm saja, tapi tidak dengan Bruce, si Oranda merah ini. Untuk ukuran ikan mas koki jenis oranda, tubuh sepanjang sekitar 14 inci termasuk jumbo.

Ikan cantik bertubuh gempal ini dibiakkan oleh dua orang petani ikan yang berasal dari Hong Kong. Kedua orang ini sengaja membiakkan ikan mas koki dari jenis oranda dengan tujuan mengukir rekor dunia di Guinness Book of World Record.

Dan akhirnya mereka bertemu dengan Bruce yang mereka pelihara dengan sangat baik. Bruce mendapat perawatan dan peliharaan yang ekstra dan sangat selektif, seperti asupan makan dan pola makan yang baik dan melakukan banyak olahraga dengan cara-cara tertentu.

Usaha mereka membuahkan hasil. Bruce tumbuh besar dan beratnya melebihi ukuran ikan mas koki jenis oranda pada umumnya.

2. Goldie

Sumber: mirror.co.uk

Ikan mas koki yang kedua yang pernah masuk rekor dunia adalah Goldie, si ikan mas koki jumbo milik Ada Shaw dari Inggris. Ikan ini adalah ikan yang dibeli dari toko hewan lokal. Saat pertama kali membelinya, Goldie hanya sepanjang sekitar 1 inci.

Kemudian, Ada merawatnya dengan sangat baik dan memperhatikan lingkungan aquarium tempat Goldie tinggal.  Seiring waktu Goldie semakin bertumbuh dan bobotnya semakin bertambah dari tahun ke tahun. Saat ini Goldie sudah mencapai panjang sekitar 15 inci dan berat sekitar 1,4 kg lebih.

Berita mengenai ikan mas koki raksasa ini santer tersebar dan ke seluruh negeri. Para ahli biota laut dan federasi Aquatik Inggris menyatakan keterkejutannya.

Salah satu ahli berkata bahwa ikan mas koki adalah binatang yang berumur panjang dan jika diberi perawatan yang sangat baik, ia bisa tumbuh pesat bahkan mencapai ukuran normal.

Dalam merawat Goldie, Ada mengaku memberikan perawatan yang sangat baik. Goldie diberi makan dua hari sekali. Ia pun memperhatikan temperatur air serta kebersihan aquarium tempat Goldie hidup.

Ada menyatakan bahwa Goldie adalah ikan yang rakus. Ketika ia memberinya makan, Goldie terkadang minta diberi lebih. Mulanya ia merasa khawatir ikan mas itu akan mengalami obesitas dan mengalami penyakit sehingga.

Namun, setelah sekian lama nyatanya Goldie tumbuh sehat dan mendapat rekor dunia sebagai ikan mas koki yang paling besar di tahun 2008.

3. Ikan Mas Koki Milik Mike Martin

Ikan mas koki selanjutnya dengan rekor tubuh paling panjang dan besar adalah ikan mas koki milik seorang pemancing asal amerika, Mike Martin. Ikan ini berukuran sekitar 15 inci dengan berat kira-kira 1,4 kg lebih. Ia menemukan ikan raksasa ini di Danau St Clair.

Ikan ini sebesar ini tentu tidak muat untuk dipelihara di aquarium. Dibutuhkan ukuran aquarium yang lebar dan besar agar ikan hidup dengan nyaman.

Sedangkan Martin tidak punya tempat yang baik untuk memelihara ikan. Oleh sebab itu, Martin mengawetkannya dan akan memasangnya di dinding.

Baca juga: Makanan Ikan Mas Koki Agar Dapat Tumbuh dengan Baik

4. Billy, Si Ikan Mas Koki Gemuk

Billy adalah ikan mas koki milik Nick Richard yang ia tak sengaja ia temukan ketika pergi memancing di Danau Dorset. Mulanya Nick pergi memancing seperti biasanya. Namun, ia melihat ada yang tidak biasa dari ikan yang tertangkap kailnya.

Ketika diperhatikan ikan berwarna oranye dari ini ternyata merupakan seekor ikan mas koki yang ukurannya tidak di atas rata-rata. Ukurannya sekitar sekitar 6 inci dengan berat sekitar 2,8 kg. ikan besar ini tidak ia pelihara. Setelah diukur dan difoto, ia melepaskan ikan ini kembali ke danau.

Setelah diperiksa lebih lanjut, Billy, si ikan mas koki raksasa ini diduga pernah menjadi ikan peliharaan yang kemudian, entah dilepaskan atau terlepas ke alam liar, sehingga tumbuh menjadi ikan yang sangat besar.

Nick berujar berujar bahwa di Danau Dorset banyak terdapat ikan mas dengan ukuran yang sangat besar dan ia ingin membuktikan sendiri kebenaran rumor tersebut. Tak disangka ia mendapat ikan mas koki yang diberi nama Billy itu.

Ikan berwarna oranye yang berkilatan di bawah air ini ia duga adalah ikan koi yang sangat gemuk. Namun, itu adalah ikan mas koki dengan tubuh raksasa dan yang sangat sehat. Melihat kondisi danau yang banyak terdapat makanan dan lingkungan yang bagus, tak heran ada ikan sebesar ini.

Sehari sebelum ia pergi memancing, ia berkelakar bahwa jika ia mendapatkan ikan besar, ia akan menamainya Billy. Itulah asal usul nama Billy, si ikan mas koki raksasa.

5. Ikan Mas Koki Milik Joris Gijsbers

Rekor ikan mas koki dengan ekor paling panjang saat ini dipegang oleh ikan milik Joris Gijsbers. Ikan berwarna oranye ini mempunyai panjang tubuh dari sirip sampai ujung ekor sekitar 47,4 inci. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Bruce, si Oranda Merah yang berasal dari Hongk Kong.

Meskipun rekor tersebut dipatahkan oleh ikan mas koki kepunyaan Joris Gijsbers, Bruce masing memegang rekor sebagai kan dengan ekor paling mewah di dunia.

Luar biasa ya? Ikan-ikan hias bertubuh mungil yang biasa kita lihat di aquarium ternyata bisa tumbuh sangat besar melebihi ukuran rata-rata. Kamu tertarik untuk memelihara ikan mas koki sampai tumbuh maksimal seperti para pemegang rekor ikan mas koki terbesar itu? ada kok caranya. kamu hanya harus memperhatikan pakan dan kesehatan ikan serta lingkungan tempat tinggal mereka.

Jika lingkungan mereka nyaman dan juga pakannya seimbang serta berkualitas, pertumbuhan ikan mas koki bisa jadi akan sangat pesat. Air juga termasuk elemen yang harus diperhatikan jika kamu ingin mas koki tumbuh dengan sangat baik. Kualitas air yang butuh akan menghambat pertumbuhan ikan mas koki. Kemungkinan terburuknya adalah ikan mas koki bisa mengalami kelainan fisik dan sakit.