10 Menu Vegetarian di Dunia yang Sehat dan Juga Lezat

Apakah kamu tahu kalau tanggal 1 Oktober merupakan Hari Vegetarian Dunia? Ini adalah harinya mereka yang tidak mengkonsumsi daging-dagingan. Vegetarian umumnya mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Terkadang vegetarian mengkonsumsi telur dan susu. Namun, semua jenis daging, baik itu daging putih atau merah, tidak masuk dalam menu mereka.

Meskipun tidak sebanyak menu yang mengandung daging-dagingan, menu vegetarian di dunia sangat beragam dan menarik untuk dicicipi. Kalau kamu mencari ide untuk menu vegetarian yang ingin kamu buat, berikut ini beberapa menu vegetarian di dunia yang bisa menjadi pilihan. Menu-menu sehat ini akan membuat kamu sehat. Yuk, simak!

1. Kivevé

Sumber: laptrinhx.com

Hidangan vegetarian paling terkenal di Paraguay tidak diragukan lagi adalah kivevé. Hidangan tradisional ini dibuat dengan bahan paling populer di Paraguay yang terdiri dari labu, tepung jagung, dan keju segar.

Sajian ini mempunyai warna merah muda yang tidak biasa dan tekstur yang creamy, mirip dengan polenta. Hidangan ini tidak diklasifikasikan sebagai makanan manis atau gurih, melainkan berada di antara keduanya.

Biasanya, kivevé dihidangkan sebagai lauk, terutama saat melengkapi barbekyu khas Paraguay. Namun karena rasanya yang sedikit manis, menu vegetarian ini dapat dimodifikasi dan disajikan sebagai hidangan penutup.

Terkadang, kivevé bahkan bisa dikonsumsi sebagai makanan utama vegetarian ringan. Hidangan ini muncul pada abad ke-19 selama masa sulit bagi orang Paraguay. Kini menjadi terkenal karena kaya akan kalori dan protein dan menggunakan bahan-bahan tradisional yang dapat ditemukan di rumah.

Namun, meskipun sederhana dalam bahan-bahannya, kivevé sangat kaya rasa dan menjadi salah satu makanan paling populer di kalangan orang Paraguay. Sekarang sajian ini dianggap sebagai simbol sejati tradisi kuliner Paraguay dan salah satu hidangan nasional negara itu.

2. Ajapsandali, Georgia

Sumber: georgianjournal.ge

Ajapsandali merupakan sup khas Georgia yang terdiri dari terong, tomat, kentang, paprika, bawang bombay, dan bumbu seperti daun salam, ketumbar, bawang putih, lada hitam serta garam. Sayuran direbus dalam minyak, tetapi hanya sebentar agar tidak kehilangan warna dan vitaminnya.

Hidangan ini sering dikonsumsi sebagai makanan keluarga di Georgia dan sangat populer selama musim panas. Untuk twist yang menarik, coba sajikan dingin dengan keju feta yang dihancurkan dan potongan roti.

3. Masala Dosa, India

Sumber: recipecommunity.com.au

Masala dosa merupakan salah satu makanan favorit di India dan, seperti banyak hidangan yang paling dicintai di negara ini, adalah salah satu menu vegetarian di dunia. Makanan khas India Selatan ini entah bagaimana mirip dengan crepe tetapi dibuat dengan nasi fermentasi dan adonan lentil hitam.

Kentang kari dan kacang polong bersembunyi di bagian dalam, itulah masala, dan disajikan dengan berbagai saus, seperti chutney (tomat dan kelapa adalah yang standar) dan sambar (masakan sup pedas yang dapat digunakan sebagai saus dan juga disendok langsung ke mulut).

Masala dosa merupakan makanan vegetarian yang lezat, bahkan cocok untuk vegan. Sangat memuaskan dan, sangat menyenangkan untuk disantap.

4. Mujaddara, Lebanon

Sumber: onegreenplanet.org

Sajian ini adalah perpaduan antara kacang lentil dan nasi vegetarian yang merupakan hidangan klasik daerah Levant yang paling baik disajikan dengan salad segar.

Karamel bawang bombay menambah rasa yang luar biasa pada hidangan nasi dan miju-miju Lebanon ini. Secara umum, semakin banyak kesabaran saat mengaramel bawang bombay, semakin enak hasilnya.

Hidangan ini sering dianggap sebagai makanan pokok yang menenangkan dan merupakan jenis resep yang diturunkan dalam keluarga dari generasi ke generasi.

Saat disajikan, salah satu menu vegetarian di dunia ini kombinasi ini diberi topping bawang goreng dan biasanya dipadukan dengan yogurt tawar atau rasa bawang putih dan roti pipih, yang harus digunakan sebagai pengganti alat makan seperti sendok.

Selain versi tradisional, beberapa varian mungkin menggunakan bulgur sebagai pengganti nasi, dan hidangannya mudah disesuaikan dengan berbagai bumbu dan rempah segar.

5. Shiro Wat, Ethiopia dan Eritrea

Sumber: foodhini.com

Shiro wat merupakan olesan yang kaya protein, berbahan dasar kacang arab atau kacang yang biasanya disajikan dengan injera, yaitu roti pipih nasional bebas gluten yang difermentasi dari Ethiopia dan Eritrea.

Biasanya roti pipih dibuat dengan tepung teff atau terkadang campuran teff dan tepung lainnya. Roti ini berbentuk pipih, kenyal, dan juga berfungsi sebagai alat makan untuk hidangan apa pun yang menyertainya.

Sementara itu shiro wat memiliki kandungan protein, halus, dan pedas, bergantung seberapa orang menyukai campuran bumbu berbere tradisional, yang dapat disesuaikan dengan selera. Menu vegetarian ini sangat populer selama Prapaskah dan Ramadan.

Baca juga: Vegan vs Vegetarian, Apa Perbedaannya? Cari Tahu di Sini!

6. Ghiveci, Rumania

Sumber: haaretz.com

Salah satu hidangan tradisional Rumania yang paling populer adalah sup sayuran kental yang dikenal sebagai ghiveci. Menu vegetarian ini disiapkan sepanjang tahun, tetapi karena ketersediaan bahan, biasanya dibagi menjadi dua varian musiman.

Untuk versi musim dingin adalah ghiveci yang hangat, dan varian musim panas ghiveci yang lebih ringan. Versi musim dingin biasanya menggabungkan sayuran akar seperti wortel, seledri, kembang kol, dan kubis.

Sementara untuk musim panas biasanya menggunakan zucchini musiman, terong, atau paprika. Tomat atau saus tomat, bawang putih, dan bawang bombay adalah bahan wajib, tetapi pilihan elemen lainnya dapat bervariasi dan mudah disesuaikan dengan preferensi, ketersediaan, dan kenyamanan.

Secara tradisional, sayuran dipotong atau diiris, segera digoreng di atas kompor, dan dimasukkan ke dalam oven. Versi modern sering menghilangkan pemanggangan dan memasak seluruh hidangan di atas kompor masak.

Walaupun ghiveci mirip dengan Hungarian lecsó, French ratatouille, dan Bulgarian gjuvec, diyakini bahwa versi Rumania ini telah dikembangkan di bawah pengaruh Turki di daerah tersebut. Ini karena hidangan ini dinamai sesuai pot gerabah tradisional Turki.

Terkadang, ghivechi dapat disiapkan dengan nasi, tetapi lebih sering disajikan di samping hidangan sayuran yang bergizi dan sehat ini.

7. Caponata, Italia

Sumber: lacucinaitaliana.it

Walaupun dihidangkan di seluruh Italia selatan, caponata adalah hidangan sayuran khas Sisilia yang berasal dari awal abad ke-18. Sekarang terdapat lebih dari 30 resep berbeda untuk caponata, yang semuanya memanfaatkan hasil panen terong dan tomat yang banyak di akhir musim panas.

Zaitun, caper, seledri, dan bawang memberikan rasa yang menyegarkan pada hidangan yang mengasyikkan ini. Dengan bahan-bahan lain seperti kacang pinus, almond, kismis, dan paprika friggitello, caponata yang berwarna-warni menjadi perwujudan indah dari hidangan khas Sisilia.

Setelah ditumis satu per satu, sayuran dibumbui dengan sedikit gula dan direbus dalam cuka, yang perlahan meleleh menjadi campuran rasa asam dan manis yang tajam. Caponata dapat dinikmati saat masih hangat, sebagai pendamping berbagai hidangan daging, unggas, dan seafood.

Selain itu, menu vegetarian ini dapat disajikan di atas rigatoni atau ziti untuk hidangan pasta yang mengenyangkan. Di Sisilia, biasanya caponata disimpan selama beberapa hari setelah dimasak, memberikan waktu untuk memperkuat rasa.

Setelah jadi, hidangan ini paling sering disajikan sebagai antipasto dingin di atas bruschetta renyah atau di samping sfincione Palermitano, yaitu roti focaccia gaya Sisilia.

8. Semizotu salatası, Turki

Sumber: yemek.com

Semizotu salatası adalah salad Turki unik yang dibuat dengan krokot sebagai bahan utamanya. Krokot atau semizotu dalam bahasa Turki adalah tumbuhan liar liar yang mengandung asam lemak Omega-3, dengan rasa asam dan sedikit asin serta tekstur lengket dalam daun hijaunya.

Ada banyak variasi untuk salad ini, tapi selain krokot, biasanya dihidangkan dengan bahan seperti irisan bawang bombay, mentimun, tomat, jus lemon, ketumbar, dan minyak zaitun. Bumbu untuk salad ini cukup sederhana yaitu kombinasi garam dan merica.

Bahan-bahannya dicampur dan kemudian salad bisa disajikan. Salad ini lebih disukai sebagai pelengkap semua jenis hidangan daging, ikan, atau sayuran.

9. Colcannon, Irlandia

Sumber: irishcentral.com

Colcannon adalah hidangan tradisional Irlandia yang dibuat dengan menumbuk kentang yang telah dimasak sebelumnya dengan kale atau kubis, sedangkan konsistensi krim diperoleh dengan menambahkan susu dan mentega, atau krim.

Garam dan merica adalah satu-satunya bumbu, dan colcannon sering kali mengandung bahan tambahan seperti daun bawang, daun bawang, bawang bombay, dan bawang perai, tetapi banyak juga yang suka menambahkan bacon untuk menambah rasa dan tekstur.

Hidangan ini secara tradisional disiapkan untuk Halloween dan digunakan di banyak tradisi meramal nasib ala Irlandia. Sejauh asalnya, nama ini berasal dari kata Gaelic cál ceannann, yang berarti kubis berkepala putih.

Biasanya, hidangan ini disajikan sebagai makanan utama atau sebagai pendamping daging, sering kali dengan mentega di tengahnya.

10. Sai Bhaji, Pakistan

Sumber: jv.wikipedia.org

Sai bhaji merupakan spesialisasi masakan Sindhi yang menggabungkan sayuran hijau, sayuran, dal atau kacang-kacangan, dan rempah-rempah, dan biasanya disajikan dengan nasi dan roti. Nama hidangan tersebut terdiri dari dua kata, yaitu sai, yang artinya hijau, dan bhaji, yang berarti sayuran.

Jenis sayuran hijau yang digunakan dalam pembuatannya adalah bayam, sorrel (tanaman hijau berdaun yang dapat dimakan, daun dill, dan daun fenugreek. Sementara sayuran yang dipilih antara lain kentang, okra, tomat, bawang bombay, dan terong.

Penuh dengan rasa yang berasal dari berbagai bumbu yang digunakan di dalamnya, seperti cabai hijau, jintan, kunyit, jahe, ketumbar, dan garam masala, campuran sayuran hijau dan sayuran ini terlebih dahulu dimasak, kemudian dihaluskan, dan terakhir ditutup diberi minyak.

Itulah beragam menu vegetarian di dunia yang bisa jadi inspirasi untuk kamu penyuka makanan berbahan dasar sayuran, buah-buahan, biji-bijian atau kacang-kacangan. Cara memasaknya lebih mudah dan cepat, ini tentunya membuat menu vegetarian bisa jadi pilihan bagi mereka yang sibuk.

Dari semua deretan menu vegetarian di dunia tadi, adakah menu yang paling kamu sukai atau pernah kamu cicipi? Kalau belum pernah mencobanya, kamu bisa mulai eksperimenmu dan cukup browsing untuk cari resepnya. Selamat mencoba!