10 Olahraga Terpopuler yang Disukai oleh Masyarakat Dunia

Olahraga adalah aktivitas melatih tubuh yang bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani. Di dunia sendiri terdapat berbagai cabang olahraga yang kerap dipertandingkan dalam sebuah perlombaan. Nah, dari sekian banyak jenis olahraga yang ada, beberapa cabang olahraga yang akan Bacaterus bahas kali ini cukup popular dan disukai oleh masyarakat dunia.

Apakah cabang olahraga kesukaanmu termasuk dalam daftar? Yuk, simak langsung ulasannya dalam artikel di bawah.

1. Sepak Bola

Sumber: football-journo.com

Salah satu cabang olahraga yang paling populer di dunia yang pertama adalah Sepak bola. Masyarakat dunia sendiri kerap menyebut olahraga yang satu ini dengan soccer atau football. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing tim berjumlah 11 pemain. Setiap orang dalam tim memiliki perannya masing-masing. Mulai dari striker, keeper, back, dan midfielder.

Permainan berlangsung selama 90 menit dan dibagi menjadi dua bagian. Para pemain dari klub besar dunia kerap memperlihatkan kemampuan mereka dalam mengolah si kulit bundar. Beberapa turnamen bergengsi pun kerap diadakan untuk olahraga ini seperti Copa America, Liga Eropa, hingga kejuaraan Piala Dunia yang digelar setiap 4 tahun sekali.

2. Moto GP

Sumber: m.bola.com

Olahraga popular yang cukup digemari masyarakat dunia selanjutnya adalah Moto GP. Moto GP adalah olahraga balap motor yang dilakukan di lintasan sirkuit. Olahraga ini dianggap sebagai olahraga yang dapat memacu adrenalin para penonton. Hal inilah yang membuat Moto GP cukup digemari oleh banyak orang.

Popularitas olahraga yang satu ini juga memang sedikit banyak dipengaruhi oleh para pembalap yang memiliki skill luar biasa saat menunggang si kuda besi di lintasan sirkuit. Beberapa pembalap yang namanya cukup popular dalam olahraga ini antara lain adalah Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan Jorge Lorenzo.

Baca juga: Ini Dia 10 Pembalap MotoGP Tersukses Sepanjang Masa

3. Badminton

Sumber: en.m.wikipedia.org

Badminton atau Bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga, yang populer tidak hanya di tanah air tapi juga di mancanegara. Olahraga ini diketahui memiliki sejarah panjang. Beberapa orang menyebut bahwa badminton mulai berkembang di Mesir sekitar 2000 tahun silam. Namun, tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa olahraga ini berasal dari negara India dan Tiongkok.

Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang kerap menjuarai berbagai turnamen bergengsi melalui para atletnya. Beberapa turnamen tersebut diantaranya adalah Olimpiade, Sea Games, All England, Piala Thomas dan Uber, dan BWF Word Tour Finals.

4. Tenis Meja

Sumber: marketplace.org

Tenis Meja adalah salah satu olahraga yang cukup disukai oleh masyarakat dunia. Olahraga yang diperkirakan muncul pada abad ke-19 di Inggris ini dikenal juga dengan nama lain, yaitu ping-pong. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim, dimana dalam satu tim bisa beranggotakan tunggal atau ganda. Tenis meja merupakan olahraga yang dapat dimainkan oleh semua kalangan.

Di Tiongkok, tenis meja menjadi salah satu olahraga yang paling digemari, bahkan menjadi olahraga nasional. Salah satu legenda ping pong yang cukup dikenal adalah Rong Guotuan, ia merupakan pemain asal Tiongkok yang menjadi juara dunia pertama yang diadakan pada tahun 1959.

5. Bola Voli

Sumber: thinglink.com

Olahraga yang juga memiliki banyak penggemar adalah bola Voli. Olahraga yang satu ini pertama kali ditemukan oleh William G. Morgan, seorang pria keturunan Amerika Serikat pada tahun 1895. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim, dimana setiap tim terdiri dari lima orang pemain. Salah satu ajang yang cukup bergengsi untuk olahraga ini adalah FIVB Volleyball Men's World Championship.

Turnamen bergengsi tersebut pertama kali diadakan pada tahun 1949 di Prague, Czechoslovakia. Sementara di Indonesia sendiri olahraga ini mulai masuk pada tahun 1928 melalui para penjajah Belanda. Kemudian mulai populer sejak olahraga ini masuk dalam ajang Olimpiade yang diadakan pada tahun 1964.

6. Bola Basket

Sumber: usctrojans.com

Olahraga ini pertama kali ditemukan oleh James Naismith pada 1891. Pertandingan bola basket dimainkan oleh dua tim yang setiap tim terdiri dari lima pemain inti dan tujuh pemain cadangan. Hampir sebagian besar masyarakat dunia memang menyukai olahraga ini. Selain peraturan yang cukup sederhana, skill para pemain yang mumpuni kerap membuat decak kagum para penonton.

NBA sendiri menjadi satu turnamen yang cukup populer untuk olahraga ini. Meski dikenal sebagai ajang nasional Amerika Serikat, tetapi banyak para pemain dari negera lain yang mendulang popularitas dari ajang tersebut. Beberapa pemain yang cukup terkenal diantaranya adalah Michael Jordan, Kobe Bryant, Yao Ming, dan Kevin Durant.

7. Baseball

Sumber: olympicchannel.com

Baseball adalah olahraga selanjutnya yang cukup populer beberapa negara seperti Asia, Eropa, dan Amerika. Olahraga ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1846. Baseball dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing beranggotakan 9 pemain. Baseball adalah jenis pertandingan ketangkasan yang dimainkan dengan menggunakan beberapa alat seperti tongkat pemukul, bola, dan sarung tangan. 

Pertandingan Baseball terdiri dari 9 babak, dan tambahan bila hasil pertandingan berlangsung seri. Di Indonesia sendiri permainan ini lebih sering disebut bola kasti.

8. Tenis

Sumber: nytimes.com

Olahraga selanjutnya yang tidak kalah populer dari olahraga yang telah dibahas di atas adalah Tenis. Olahraga ini dimainkan oleh dua pemain atau ganda. Setiap pemain dibekali dengan sebuah raket untuk memukul bola. Tenis sendiri menjadi salah satu olahraga yang cukup disukai di beberapa negara.

Salah satu kejuaraan tenis yang cukup bergengsi adalah Grand Slam, yang terdiri dari Australia Open, French Open, Wimbledon, dan US Open. Beberapa petenis terbaik dunia yang cukup populer antara lain adalah Novak Djokovic yang berasal dari Serbia, Rafael Nadal dari Spanyol, Roger Federer dari Swiss.

Sementara di Indonesia sendiri petenis yang cukup dikenal antara lain Angelique Widjaja, dan Christopher Rungkat. Keduanya diketahui sempat meraih Grand Slam Junior.

9. Tinju

Sumber: theathletic.com

Tinju merupakan olahraga beladiri yang banyak digemari oleh masyarakat dunia. Olahraga ini memperlihatkan dua orang yang akan saling melayangkan pukulan satu sama lain untuk mendapatkan poin di dalam ring tinju. Setiap atlet dilengkapi dengan sarung tinju, sepatu, dan pelindung gigi saat bertanding.

Waktu pertandingannya sendiri memiliki interval 1-3 menit. Pertandingan tinju profesional diketahui memiliki beberapa kelas, yang dibedakan berdasarkan berat badan. Olahraga ini sendiri dikenal sejak zaman Romawi. Nah, beberapa nama petinju dunia yang menjadi legenda dunia antara lain Muhammad Ali, Mike Tyson, dan Henry Armstrong.

10. Formula 1

Sumber: marca.com

Sama seperti Moto GP, Formula 1 menjadi salah satu olahraga balap yang cukup populer di seantero dunia. Formula 1 adalah pertandingan balap mobil di lintasan sirkuit. F1 pertama kali digelar di sirkuit Silverston, Inggris pada tahun 1950. Pertandingan tersebut diikuti oleh 105 peserta dan dimenangkan pertama kali oleh Nino Farina yang berasal dari Italia.

Olahraga F1 disebut sebagai olahraga termahal karena ongkos produksi yang besar. Beberapa pembalap F1 yang memiliki popularitas tinggi di dunia saat ini antara lain seperti Lewis Hamilton, Max Verstappen, Charles Leclerc, Daniel Ricciardo, dan Pierre Gasly.

Demikian 10 olahraga paling populer di dunia yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Selain baik bagi kesehatan, olahraga juga bisa menjadi tonton yang sangat menghibur masyarakat. Nah, kira-kira olahraga mana yang paling kamu sukai? Tulis komentarmu di bawah, ya!

Tag: