10 Perhiasan Termahal di Dunia yang Berharga Fantastis

Perhiasan merupakan karya seni bernilai jual tinggi. Karena hal itu, masyarakat kerap memilih perhiasan sebagai barang investasi. Berbicara mengenai perhiasan, di dunia sendiri terdapat beberapa perhiasan yang bernilai fantastis.

Selain bentuknya yang menawan, sejarah perjalanan yang mengiringi perhiasan-perhiasan tersebut menjadi salah satu hal yang membuat harganya sangat mahal. 

Nah, ingin tahu perhiasan apa saja yang masuk dalam daftar perhiasan termahal yang ada di dunia? Simak ulasan menarik yang telah Bacaterus rangkum dalam artikel di bawah. Berikut adalah pemaparannya:

1. The Hope Diamond 

The Hope Diamond adalah perhiasan yang pertama kali ditemukan di kawasan tambang Golconda, India Selatan pada tahun 1666. Perhiasan yang telah beberapa kali mengalami pemotongan tersebut dinobatkan sebagai salah satu perhiasan termahal yang ada di dunia. Batu berwarna biru tua seberat 45,52 karat ini diketahui telah berpindah tangan selama bertahun-tahun. 

Beberapa orang yang pernah memilikinya antara lain Jean-Baptiste Tavernier, Raja Louis XIV, Evalyn Walsh McLean, Harry Winston, hingga akhirnya beristirahat di Museum Sejarah Alam Smithsonian pada tahun 1958. 

The Hope Diamond sendiri diperkirakan memiliki nilai fantastis, yaitu sekitar 250 juta dolar atau sekitar 3,5 triliun Rupiah. Salah satu yang membuat perhiasan ini menarik adalah warna birunya yang menawan. Para ahli sendiri berpendapat bahwa warna pada batu tersebut disebabkan oleh sisa partikel yang berasal dari atom Boron.

2. Peacock Brooch

perhiasan termahal di dunia_Peacock Brooch

Perhiasan termahal di dunia selanjutnya datang dari salah satu perusahaan perhiasan terkemuka asal London, Inggris milik Lawrence Graff, yaitu Graff Diamonds. Perhiasan mewah tersebut bernama Peacock Brooch atau bros merak. Harga perhiasan tersebut diperkirakan sekitar 100 juta dolar atau setara dengan 1,4 triliun Rupiah. 

Perhiasan tersebut diketahui terdiri dari 1300 batu berlian berbagai warna dengan berat sekitar 120,81 karat. Pada bagian tengah perhiasan terdapat berlian seberat 20,02 karat berbentuk buah pir yang cukup menawan. Peacock Brooch sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2013 di TEFAF, Belanda. Dan menjadi salah satu karya Graff yang dikenal mahal. 

3. Wittelsbach-Graff Diamond 

perhiasan termahal di dunia_Wittelsbach-Graff Diamond

Wittelsbach Graff Diamond merupakan perhiasan yang dirilis perusahaan Graff Diamonds. Wittelsbach Graff Diamond pertama kali ditemukan di kawasan tambang Golconda, India. Pada awalnya, berlian memiliki berat sekitar 35,56 karat. Namun, setelah mengalami pemotongan kini beratnya sekitar 31,06 karat. 

Perhiasan berwarna biru tua tersebut dibanderol seharga 80 juta USD atau setara dengan 1,04 triliun Rupiah. Perusahaan milik Lawrence Graff memang cukup piawai dalam menciptakan berbagai perhiasan bernilai seni tinggi. Hal itu dibuktikan dengan kehadiran Wittelsbach Graff Diamond yang digadang-gadang menjadi satu dari tiga perhiasan Graff yang bernilai fantastis. 

4. Pink Star Diamond Ring 

perhiasan termahal di dunia_Pink Star Diamond Ring

Perhiasan selanjutnya yang memiliki harga termahal di dunia adalah Pink Star Diamond Ring. Cincin berlian dengan berat sekitar 59,6 karat ini dibanderol dengan harga 71,2 juta dolar atau setara dengan 1,016 triliun Rupiah. Berlian ini pertama kali ditemukan di kawasan Afrika Selatan oleh perusahaan tambang, De Beers pada tahun 1999. 

Pink Star merupakan salah satu jenis berlian langka. Nama Pink Star sendiri diambil karena warna merah muda yang dimilikinya. Para ahli sendiri menyebut bahwa berlian yang pernah dipamerkan di Smithsonian Institute ini sebagai salah satu berlian merah muda terbesar tanpa cela. Sebelum dipotong, berlian tersebut diketahui memiliki berat sekitar 132,5 karat. 

5. Oppenheimer Blue  

perhiasan termahal di dunia_Oppenheimer Blue

Perhiasan termahal selanjutnya adalah Oppenheimer Blue. Perhiasaan yang satu ini dibanderol dengan harga sekitar 57,5 juta dolar atau sekitar 823 miliar Rupiah. Salah satu hal yang cukup menarik dari berlian ini adalah latar belakang berlian yang misterius. Konon, berlian ini ditemukan di kawasan tambang di Afrika Selatan pada abad ke-20. 

Oppenheimer Blue sendiri diambil dari nama keluarga yang cukup dikenal dalam bisnis permata pada abad tersebut. Perhiasan ini terdiri dari berlian berwarna biru dengan potongan zamrud seberat 14,62 karat. Gemological Institute of America menyebut bahwa berlian ini merupakan berlian berwarna biru fancy vivid terbesar yang pernah ditemukan di dunia. 

6. L’Incomparable Diamond Necklace

perhiasan termahal di dunia_ L’Incomparable Diamond Necklace

Perhiasan selanjutnya yang harganya tidak kalah mencengangkan adalah L’Incomparable Diamond Necklace milik perusahaan barang mewah Swiss dan Emirat Arab bernama Mouawad. Kalung emas berwarna rose gold bertahta berlian putih dengan total berat sekitar 407,48 karat ini diketahui sebagai salah satu perhiasan termahal yang ada di dunia. 

Salah satu ciri khas yang menarik dari perhiasan ini adalah keberadaan batu intan berwarna kuning cerah yang berukuran seperti telur. Konon, batu intan tersebut pertama kali ditemukan seorang gadis cilik di Congo, Afrika pada tahun 1980 di kawasan bekas pertambangan. Perhiasan ini sendiri diketahui berharga sekitar 55 juta dolar atau sekitar 787 miliar Rupiah. 

7. Blue Moon of Josephine

perhiasan termahal di dunia_Blue Moon of Josephine

Diantara perhiasan termahal di dunia, Blue Moon of Josephine merupakan salah satu perhiasan yang memiliki sejarah perjalanan yang tidak biasa. Blue Moon of Josephine adalah batu berlian yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan oleh perusahaan tambang Petra Diamonds pada tahun 2014 silam. 

Berlian seberat 29,6 karat ini diketahui dibeli seorang miliarder bernama Joseph Lau Luen-hung asal Hong Kong yang diketahui merupakan seorang buronan untuk kasus suap. Blue Moon of Josephine merupakan hadiah untuk putrinya yang baru berusia 7 tahun. Namanya sendiri terinspirasi dari nama putrinya tersebut, yaitu Josephine. 

Kini, perhiasan ini menjadi salah satu perhiasan dengan karat termahal. Harga perhiasan ini ditaksir sekitar 48,4 juta dolar atau sekitar 695,8 miliar Rupiah. 

8. Pink Emerald-Cut Graff Diamond 

perhiasan termahal di dunia_ Pink Emerald-Cut Graff Diamond

Pink Emerald-Cut Graff Diamond adalah salah satu perhiasan termahal selanjutnya yang berhasil menarik perhatian dunia. Perhiasan yang dikenal dengan The Graff Pink ini diketahui berharga sekitar 46 juta dolar atau setara dengan 663,5 miliar Rupiah. Perhiasan seberat 24.78 karat ini diketahui sempat dimiliki oleh selebriti Hollywood, Harry Winston. 

Berlian yang berada di tengah cincin tersebut diketahui telah di jual di pusat lelang Jenewa, Swiss. The Gemological Institute of America sendiri telah menobatkan batu berlian yang satu ini sebagai salah satu batu dengan intensitas warna fancy pink yang cukup tinggi. 

9. The Orange

perhiasan termahal di dunia_The Orange

The Orange atau Fire Diamond adalah perhiasan berharga mahal selanjutnya yang pernah ada di dunia. Salah satu pakar gemologist terkemuka bernama Edwin Streeter sempat membahas berlian ini dalam sebuah bukunya yang berjudul The Great Diamond of the World, yang telah dirilis pada tahun 1882. 

Perhiasan seberat 14,82 karat ini diketahui telah dihargai sekitar 36 juta dolar atau sekitar 518 miliar rupiah dari harga lelang yang ditawarkan, yaitu 17 juta dolar atau sekitar 244,8 miliar Rupiah. The Orange sendiri dinobatkan menjadi berlian satu-satunya yang berwarna fancy vivid orange terbesar yang pernah dijual di pusat lelang yang ada di Jenewa, Swiss. 

10. The Hutton-Mdivani Jadeite Necklace

perhiasan termahal di dunia_The Hutton-Mdivani Jadeite Necklace

The Hutton-Mdivani Jadeite Necklace adalah perhiasan yang bernilai jual tinggi. Selain karena materialnya yang unik dan langka, sejarah mengenai kalung giok yang terbuat dari 27 manik-manik berwarna hijau, emas kuning 18 karat, rubi, dan berlian ini pun cukup menarik. 

The Hutton-Mdivani Jadeite Necklace dibuat sebagai hadiah pernikahan antara putri pewaris ritel Frank Winfield Woolworth bernama Barbara Hutton dan Pangeran Georgia Alexis Mdivani pada tahun 1933. Sejak saat itu, perhiasan ini diketahui secara turun-temurun berada ditangan keluarga Hutton selama beberapa dekade. 

Demikian 10 Perhiasan termahal yang ada di dunia, yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Meskipun berharga fantastis, tetapi sebagian besar orang memang kerap menjadi pilihan bagi orang-orang untuk berinvestasi. Nah, kira-kira perhiasan mana yang menurutmu cukup menarik? Tulis komentar di bawah, ya!

Tag: