10 Profesi Paling Bocok Bagi Orang dengan Sifat Pendiam

Sifat pendiam kerap kali dianggap sebagai salah satu hal yang dapat menghambat karier. Beberapa perusahaan memang cenderung memilih orang-orang yang atraktif saat merekrut karyawan. Meski demikian, bukan berarti orang-orang yang memiliki sifat pendiam tidak memiliki kesempatan untuk berkarier dan mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Jika kamu termasuk orang yang pendiam, kamu tidak perlu khawatir tentang hal itu. Mengingat beberapa profesi yang akan Bacaterus bahas dalam artikel di bawah sangat tepat bagi kamu yang memiliki sifat pendiam. Pekerjaan apa saja itu? Berikut ini adalah daftarnya.

1. Mekanik

Sumber: twittermysite.com

Profesi pertama yang tepat bagi orang-orang yang memiliki sifat pendiam adalah menjadi seorang mekanik. Seorang mekanik bertanggung jawab untuk menjaga, memperbaiki dan melakukan maintenance pada sebuah mesin yang rusak. Keberadaannya sendiri cukup dibutuhkan oleh berbagai perusahaan atau pabrik agar tidak menghambat proses produksi.

Mereka yang bekerja sebagai mekanik akan lebih banyak berkutat dengan berbagai mesin dan alat, sehingga sangat cocok bagi mereka yang kurang memiliki keterampilan untuk berinteraksi dengan orang lain. Meski demikian, untuk menjadi seorang mekanik diperlukan keterampilan dan pengetahuan tentang cara kerja mesin dan solusi tepat untuk memperbaikinya.

2. Akuntan

Sumber: themisbizpro.com

Sebagian orang menganggap bahwa pekerjaan sebagai seorang akuntan sangat membosankan. Seorang akuntan lebih banyak menghabiskan waktu dibalik meja. Tugas utama mereka sendiri, yaitu menangani berbagai catatan dan laporan keuangan perusahaan. Mereka yang berprofesi sebagai akuntan dituntut untuk memiliki konsentrasi dan ketelitian yang tinggi saat bekerja.

Meskipun seorang akuntan lebih rentan untuk mengalami stres, tetapi pendapatan dan jenjang karier yang bisa mereka dapat cukup menjanjikan. Seorang akuntan biasanya mendapatkan bayaran yang tinggi, terutama bagi akuntan senior yang memiliki pengalaman kerja lebih dari lima tahun.

3. Programmer

Sumber: gadgetren.com

Orang-orang yang memiliki sifat pendiam juga sangat cocok untuk bekerja menjadi seorang Programmer. Programmer sendiri cukup banyak dibutuhkan, terutama oleh perusahaan yang berbasis teknologi. Mereka yang bekerja di bidang ini lebih banyak menghabiskan waktu kerjanya di depan komputer untuk membuat sebuah sistem menggunakan bahasa pemrograman.

Mereka yang tidak terlaku suka banyak berinteraksi dengan orang-orang sangat cocok untuk posisi ini. Profesi programmer sendiri menjadi salah satu yang cukup diminati di era digital seperti saat ini. Selain prospek kerja yang cukup bagus, mengingat endapatan yang bisa dihasilkan oleh seorang programmer pun terbilang cukup tinggi.

4. Web Designer

Sumber: openmashup.org

Sama seperti programmer, mereka yang berprofesi sebagai web designer akan lebih banyak menghabiskan waktu di depan meja komputer seraya mengeluarkan kreativitas terbaiknya dalam mendesain halaman web. Selain dituntut untuk memiliki keterampilan mendesain, seorang web designer pun harus bisa menguasai pemrograman.

Web designer sendiri menjadi salah satu divisi yang cukup penting dalam membangun image perusahaan. Mengingat mereka adalah orang yang akan bertanggung jawab dalam membuat tampilan website perusahaan.

5. Pustakawan

Sumber: nosinc.com

Pustakawan merupakan salah satu profesi yang jarang diminati oleh orang-orang. Tugas seorang pustakawan adalah bertanggung jawab dalam melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Meski profesi ini kurang diminati, tetapi profesi pustakawan sangat cocok bagi mereka yang memiliki sifat pendiam.

Sebagian besar orang memang menganggap profesi ini bukan sebuah pekerjaan yang menyenangkan. Selain harus bekerja di tempat kerja yang hening, mereka juga harus berjibaku dengan puluhan, bahkan ratusan judul buku setiap harinya. Hal ini tentu bukan hal yang menarik bagi orang-orang yang tidak terlalu menyukai kegiatan literasi.

Baca juga: Prospek Kerja Teknik Geodesi yang Lumayan Menjanjikan

6. Teknisi Laboratorium

Sumber: wsijobs.com

Profesi selanjutnya yang bisa dicoba oleh orang-orang yang memiliki sifat pendiam adalah menjadi seorang teknisi Laboratorium. Tugas mereka adalah untuk mengatur penyimpanan bahan baku,  peralatan laboratorium, serta mencatat dan juga melaporkan setiap kegiatan laboratorium yang dilakukan.

Orang-orang yang bekerja di bagian teknisi laboratorium lebih sering berhadapan dengan jenis bahan kimia dibanding manusia. Selain itu, mereka yang bekerja di bidang ini membutuhkan orang-orang yang memiliki fokus dan konsentrasi tinggi. Dan itu bisa di dapat dari orang-orang yang cenderung pendiam. Alasannya sendiri karena mereka terbiasa dengan suasana yang tenang.

7. Penerjemah

Sumber: edittranslations.com

Jika kamu memiliki kemampuan untuk menerjemahkan bahasa, profesi sebagai translator pun bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk kamu coba. Sifat pendiam yang kamu miliki dapat membantu kamu untuk lebih fokus dalam menerjemahkan dokumen pekerjaan tanpa harus terganggu oleh O rang-orang sekitar.

Seorang translator atau penerjemah biasanya lebih sering melakukan interaksi dan komunikasi dengan klien melalui email, baik itu untuk menerima pekerjaan atau dalam hal penyerahan proyek yang berhasil diterjemahkan. Hal ini tentu membuat pekerjaan ini jauh lebih nyaman bagi orang-orang yang cenderung memiliki sifat pendiam.

8. Apoteker

Sumber: lifepack.id

Apoteker adalah orang yang bekerja di bagian pelayanan kesehatan farmasi di sebuah rumah sakit, klinik atau perusahaan yang bergerak di bidang obat-obatan. Tugas seorang apoteker adalah bertanggung jawab dalam memberikan obat sesuai dengan efektivitas serta keamanan penggunaan obat.

Apoteker akan lebih sering menghabiskan waktu dalam ruangan untuk meracik atau menyiapkan obat yang dibutuhkan oleh pasien. Karena akses mereka yang terbatas untuk berinteraksi dengan orang lain, maka pilihan profesi ini sangat tepat bagi mereka yang memiliki kepribadian pendiam.

9. Seniman Lukis

Sumber: thesprucecrafts.com

Menjadi seniman lukis tentu pilihan tepat lain bagi si pendiam. Seorang seniman lukis biasa menghabiskan waktu berjam-jam sendiri untuk membuat karya karya lukis. Mereka cenderung lebih banyak bergumul dengan kreativitas dan imajinasi untuk menciptakan keajaiban melalui kuas dan kanvas.

Meski profesi ini kerap dianggap sepele oleh sebagian orang, tetapi dari tangan merekalah kerap lahir sebuah karya seni yang memiliki nilai estetik dan harga jual tinggi. Saat ini, para seniman lukis sendiri kerap berkolaborasi dengan berbagai brand-brand ternama, terutama bidang fashion untuk menghasilkan produk bermutu sekaligus memiliki nilai seni tinggi.

10. Peneliti

Sumber: careerbright.com

Profesi yang satu ini memang kerap dianggap sebagai salah satu profesi yang cukup bergengsi dan memiliki prospek yang cukup baik di masa depan. Seorang peneliti biasanya menghabiskan waktu cukup lama untuk sebuah penelitian. Hal inilah yang membuat profesi ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki sifat pendiam.

Mereka bisa lebih fokus dan konsentrasi dalam menyelesaikan penelitiannya tanpa harus terdistraksi oleh sekitarnya. Seorang peneliti sendiri bisa mendapat penghasilan yang cukup besar. Meski demikian, untuk menjadi seorang peneliti profesional, kamu harus memiliki keterampilan, pengetahuan, dan jam terbang tinggi.

Demikianlah 10 profesi tepat bagi orang yang memiliki sifat pendiam, yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu. Pada dasarnya, setiap profesi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal terpenting yang harus kamu miliki saat memutuskan untuk memilih sebuah profesi adalah rasa tanggung jawab.

Kamu tentu memiliki pendapat lain mengenai profesi bagi orang pendiam. Biar kita tahu, tulis komentarmu di bawah, ya!