10 Tips Memilih Warna Cat yang Cocok untuk Rumah

Kebingungan saat memilih warna cat rumah yang cocok dialami oleh banyak orang. Baik dia yang sedang membangun rumah atau merenovasinya. Kenyataannya dalam memilih cat warna untuk rumah ada beberapa hal atau faktor yang harus diperhatikan. Selain memilih berdasarkan selera pribadi, Anda juga harus mempertimbangkan yang lain seperti konsep rumah hingga konsep penataan interior.

Itulah mengapa tidak sedikit yang kesulitan dan bingung menentukan cat warna rumah, terutama ketika selera pribadi Anda tidak cocok dengan konsep hunian yang dibangun. Bagaimana pun cat rumah salah satu elemen penting yang bisa membuat rumah tampil lebih cantik. Oleh karena itu, memilihnya tidak boleh asal melainkan harus memerhatikan beberapa pertimbangan. Untuk Anda yang masih bingung, berikut beberapa panduan atau tips memilih warna cat rumah yang bisa membantu.

1. Sesuaikan dengan Konsep Rumah

Sumber: ballarddesigns.com

Saat membangun atau merenovasi rumah Anda tentu sudah memilkirkan konsepnya, bukan? Nah! Tips memilih warna cat rumah yang pertama bisa dilakukan adalah menyesuaikan dengan konsep rumah itu sendiri. Apakah rumah Anda berkonsep modern, tradisional, klasik atau minimalis. Perbedaan konsep rumah tentu diikuti dengan warna-warna tertentu yang pas.

Kita ambil contoh jika konsep rumah Anda minimalis, maka warna cat yang cocok adalah warna-warna yang sederhana, tidak terlalu mencolok mata. Pilihan warna yang tenang seperti beige, navy blue, blush atau merah muda yang sangat ringan, soft blue atau putih sekalian akan sangat cocok. Berbeda jika rumah Anda berkonsep klasik, maka warna yang cocok hitam, coklat yang dipadukan dengan jingga, atau abu-abu yang elegan.

2. Sesuaikan dengan Dekorasi atau Furnitur

Sumber: thisoldhouse.com

Sama seperti saat menyesuaikan dengan konsep rumah, pemilihan cat juga akan lebih cocok jika disesuaikan dengan pemilihan furnitur atau dekorasi. Setelah tahu konsep rumah yang ingin Anda miliki, pemilihan dekorasi dan furnitur pun tentu saja harus senada. Dalam hal ini Anda tidak akan kesulitan karena di awal  konsep rumah sudah ditentukan, sehingga tinggal menyesuaikan.

Rumah dengan dekorasi atau furnitur yang minimalis, sangat cocok dengan cat berwarna tenang dan simple. Berbeda dengan rumah yang penuh furnitur klasik, warna yang pas cenderung lebih hangat. Anda hanya perlu menentukan konsep lebih dulu, baik rumah atau dekorasi lalu pilih catnya.

3. Tentukan Suasana yang Ingin Dibangun

Sumber: antidiler.org

Tips memilih warna cat rumah selanjutnya adalah menentukan suasana yang ingin dibangun, khususnya pada setiap ruangan. Biasanya suasana yang dimaksud berhubungan dengan fungsi ruangan itu sendiri. Misalnya ruangan untuk keluarga, suasana yang ingin dibangun tentu hangat, kebersamaan dan hal semacam itu. Kemudian kamar tidur, suasana yang ingin dibangun biasanya bersifat privasi, nyaman sekaligus intim.

Untuk ruangan-ruangan yang digunakan sebagai tempat bersantai dan melakukan banyak hal menyenangkan bersama anggota keluarga lainnya, Anda bisa memilih cat dengan warna-warna cerah seperti kuning, merah muda, putih atau biru. Untuk ruangan yang ingin Anda beri kesan lebih hangat atau mewah, pilihan warna seperti coklat, krem atau hijau bisa dipilih.

4. Cat Ruangan Kecil Lebih Dulu

Sumber: fitzpatrickpainting.com

Memilih sesuatu memang lekat dengan ragu-ragu, tidak terkecuali dengan memilih cat rumah. Rasanya sudah bagus tapi tetap ragu-ragu. Jika sudah begitu hal yang harus Anda lakukan adalah coba cat ruangan kecil terlebih dulu. Uji coba warna cat rumah pilihan Anda ke salah satu ruangan berukuran kecil atau pada tembok yang tidak terlalu luas.

Pilih area yang mudah dilihat sekaligus mendapat pencahayaan baik agar Anda bisa melihat cat pilihan secara sempurna dalam keadaan gelap atau terang. Misalnya lorong atau tembok garasi atau apa pun yang mudah dilihat. Perhatikan baik-baik lalu mulailah mengira, apakah warna tersebut akan cocok dipakai di seluruh ruangan atau tidak.

5. Tes Aneka Warna Cat di Dinding Putih

Tips memilih warna cat rumah selanjutnya berfungsi sama dengan point sebelumnya, yaitu sebagai uji coba. Kali ini, uji coba dilakukan di dinding berwarna putih. Dengan mengaplikasikan cat langsung ke atas dinding warna putih Anda sudah melakukan metode tes paling baik.

Siapkan berbagai pilihan warna cat yang terlintas di pikiran Anda lalu aplikasikan ke atas dinding tersebut. Buat kotak per kotak dari warna berbeda agar bisa menilai mana warna yang paling cantik dan sesuai dengan konsep rumah. Anda harus mencoba mengaplikasikan aneka warna, mulai dari warna-warna kuat, tenang, tajam, lembut hingga netral.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Cat Dinding di Dalam Ruangan

6. Pertimbangkan Pencahayaan

Saat akan memilih warna cat untuk rumah, penampilan warna di bawah cahaya juga perlu diperhatikan. Apakah akan secantik saat redup atau justru lebih keluar saat terang. Amati pada waktu-waktu yang berbeda mulai dari pagi hari, siang hari hingga malam hari di bawah cahaya lampu.

Sebenarnya ketika membeli cat, penjual biasanya akan menunjukkan semacam alat tes untuk memperlihatkan kondisi warna cat saat dalam kondisi normal atau saat dikenai cahaya. Dalam hal ini, kecantikan warna cat di bawah pencahayaan alami harus dipertimbangkan, meski begitu perhatikan juga bagaimana tampilan cat di bawah sinar lampu. Cahaya lampu bisa mempengaruhi mood di sebuah ruangan.

7. Membuat Palet Warna

Sumber: onekingslane.com

Tips memilih warna cat rumah selanjutnya adalah Anda bisa membuat palet warna terlebih dahulu. Sederhananya, palet warna merupakan sekumpulan warna atau kombinasi warna yang disusun serta di-mix and match hingga tercipta susunan warna yang serasi. Anda bisa menyusunnya lebih dulu dengan mencari referensi di internet lalu konsultasikan pada arsitek atau interior desainer yang menangani rumah Anda.

Palet warna penting dipakai sebagai panduan agar warna cat yang dipilih tepat. Lihat lalu cocokkan warna utama dengan warna lain. Perhatikan juga warna cadangan atau pelengkap yang cocok sebagai pendukung. Dengan menggunakan ‘sketsa’ semacam ini Anda bisa mengira-ngira warna cat yang cocok untuk rumah.

8. Pakai Bantuan Lingkaran Warna

Sumber: greenleafblueberry.com

Jika kesulitan membuat palet warna, Anda bisa mencari referensi di internet atau menggunakan bantuan lingkaran warna atau diagram warna. Diagram warna sendiri berdasarkan sejarahnya didesain oleh Isaac Newton setelah dirinya menemukan bahwa sinar matahari memiliki warna Pelangi. Ia merupakan gabungan warna primer, sekunder dan tersier.

Ada tiga cara membaca diagram warna guna menemukan kombinasi warna yang cocok, termasuk untuk cat rumah, terutama jika Anda menginginkan adanya kombinasi warna lebih dari dua macam. Pertama, padukan warna apa pun dengan hitam atau putih. Kedua, kombinasikan tiga warna terdekat yang ada dalam diagram. Ketiga padukan dua warna yang saling bersebrangan di dalam diagram.

9. Pilih Cat Sesuai Ruangan

Sumber: dekoruma.com

Rumah yang Anda huni tentu tidak hanya terdiri atas satu ruangan, melainkan beberapa ruangan. Jika merasa kesulitan untuk memilih warna cat untuk satu rumah, pilih saja cat untuk per ruangan. Sesuaikan dengan konsep atau suasana ruangan itu tadi, sehingga rumah Anda jadi berwarna-warni.

Namun, Anda juga harus tetap menyesuaikan warna antara satu ruangan dan ruangan lainnya. Lagi-lagi untuk melakukan ini gunakan diagram warna sebagai panduan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikannya dengan furnitur atau perabotan serta dekorasi.

10. Pakai Skema Warna Monokrom

Sumber: home-designing.com

Tips memilih cat warna rumah selanjutnya dan paling aman adalah menggunakan skema warna monokrom. Warna seperti abu-abu dan putih sangat netral diaplikasikan pada rumah Anda dan berbagai ruangan di dalamnya. Jika ingin menggunakan warna hitam, perhatikan konsep ruangannya terlebih dahulu.

Penggunaan skema warna monokrom ini terkesan kering ide, tapi selama hasil akhirnya cantik, cat rumah warna abu-abu rasanya tidak masalah. Bermain aman tentu lebih menenangkan daripada gelisah memikirkan dan menimbang warna tepat yang macam-macam untuk rumah Anda.

Demikian sepuluh tips memilih cat warna rumah yang bisa Anda ikuti. Cat menjadi salah satu unsur penting dalam menciptakan keindahan pada sebuah rumah. Tampilan rumah akan berubah secara keseluruhan dengan pemilihan cat yang tepat. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Siap memilih dan mengeliminasi mana warna yang cocok dan tidak?

Tag: