Ketahui 5 Tips Jitu Merawat Pisau Agar Tetap Tajam

Pisau menjadi alat dapur yang cukup penting dan wajib. Keberadaannya sangat dibutuhkan untuk memotong aneka bahan makanan, mulai dari sayur hingga daging-dagingan agar bisa diolah dengan potongan yang pas. Fungsinya yang vital membuat pisau tidak tergantikan. Oleh karena itu, agar memasak menjadi lebih cepat, penting untuk tetap menjaga pisau dalam keadaan tajam.

Selain tidak nyaman dipakai karena dapat memperlambat proses memotong, pisau yang tumpul juga bisa berbahaya. Saat memakai pisau yang tumpul, kekuatan Anda ketika menekan pisau untuk mengiris sayur atau daging menjadi lebih besar. Salah-salah tangan bisa tergelincir dan teriris karena Anda sendiri tidak bisa memprediksi pergerakan pisau.

Pisau yang tumpul biasanya juga akan berkarat jika tidak segera dirawat. Karat pada pisau tersebut dikhawatirkan bisa memindahkan bakteri dari satu bahan makanan ke makanan lain hingga terjadi kontaminasi. Sebelum mengetahui tips merawat pisau agar tetap tajam, berikut ini informasi mengenai penyebab-penyebab yang bisa membuat pisau Anda tumpul. Info ini tidak kalah penting karena Anda bisa menghindarinya jika ingin pisau tetap tajam.

Penyebab Pisau Menjadi Tumpul

Sumber: ireallylikefood.com

Saat ini pisau tersedia dalam berbagai jenis, bentuk dan bahan pembuatannya. Anda bisa membedakan pisau berdasarkan kegunaannya, seperti pisau berukuran besar untuk memotong daging, pisau iris untuk mengiris bahan makanan dengan sangat tipis, pisau yang digunakan guna memisahkan daging dari lemak serta pisau roti.

Selain itu ada pula pisau untuk mengiris keju, pisau kupas yang memudahkan proses pengupasan, pisau ukir, pisau untuk mencincang serta pisau serbaguna. Pisau-pisau tersebut membutuhkan perawatan yang kurang lebih sama agar tetap tajam. Mereka semua juga bisa tumpul yang disebabkan oleh beberapa hal.

Penyebab pisau menjadi tumpul yang pertama adalah kebiasaan menggunakan talenan berbahan keras seperti keramik atau bahkan batu. Gesekan antara mata pisau dengan permukaan talenan yang keras bisa membuatnya rapuh. Pisau juga dapat berubah tumpul ketika Anda tidak rajin membersihkannya setelah digunakan. Sisa bahan makanan, entah getah sayur atau buah dan darah pada daging dapat memengaruhi ketajaman pisau.

Selain itu Anda juga bisa membuat pisau menjadi tumpul karena menyimpannya berbarengan dengan sendok atau garpu. Gesekan antara stainless steel  bisa memengaruhi awet atau tidak dan tajam atau tidak pisau yang Anda miliki. Lalu, apa saja tips merawat pisau agar tetap tajam?

Baca juga: Merk Pisau Dapur yang Bagus dan Berkualitas

Tips Merawat Pisau Agar Tetap Tajam

Sumber: chefsteps.com

Tentu menyenangkan bisa merawat peralatan dapur termasuk pisau hingga awet dan tetap tajam digunakan walau sudah bertahun-tahun. Kualitas pisau tidak hanya bergantung pada bahan pembuatannya, melainkan juga bagaimana cara Anda merawatnya. Percuma membeli pisau mahal-mahal jika tidak bisa menjaga ketajamannya. Lebih baik beli yang biasa dengan harga terjangkau tapi tahu trik-trik atau tips merawat pisau agar tetap tajam.

Pisau yang tajam akan membuat proses potong-memotong semakin cepat. Memasak pun jadi lebih singkat; tak perlu waktu terlalu lama hanya untuk memotong daging atau bumbu seperti cabai merah yang cenderung liat. Anda juga bisa terhindar dari kecelakaan di dapur akibat menggunakan pisau tumpul. Berikut adalah hal-hal yang bisa diperhatikan dan dilakukan untuk menjaga pisau tetap tajam dalam waktu lama.

1. Segera Cuci Pisau Setelah Dipakai

Sumber: cutco.com

Sehabis memasak segala macam perabot mulai dari wajan, panci hingga piring-piring kotor akan menumpuk. Biarkan mereka menumpuk untuk dicuci nanti tapi jangan coba-coba ikut menumpuk pisau Anda di sana. Guna menjaga pisau tetap tajam segera cuci pisau sesaat setelah digunakan.

Pasalnya menumpuk pisau dengan alat-alat masak lain rentan membuat sisi-sisinya tergores, bengkok dan rusak. Maka dari itu langsung mencuci pisau setelah dipakai adalah hal terbaik. Jangan lupa keringkan dengan benar dan simpan secara tepat.

2. Jangan Cuci Pisau Menggunakan Mesin Pencuci Piring

Sumber: chrislovesjulia.com

Jika rumah Anda dilengkapi mesin pencuci piring, gunakan itu untuk mencuci piring, gelas, sendok-sendok dan garpu atau peralatan memasak lainnya kecuali pisau. Cuci piring menggunakan mesin memang cenderung lebih praktis tapi khusus untuk pisau, Anda harus mencucinya secara manual.

Apabila memaksa untuk mencuci pisau menggunakan mesin, gagang dan mata pisau dapat terbanting hingga melengkung. Belum lagi akibat gerakan mesin di dalam sana, permukaan atau mata pisau bisa tergores. Pisau pun kemungkinan besar bisa menggores permukaan dari perkakas lain yang teksturnya keras seperti gelas, mangkuk dan piring. Nantinya hal tersebut bisa merusak pisau Anda.

Cuci pisau Anda di bawah air mengalir menggunakan sabun. Gosok perlahan dan jaga tangan tetap aman karena bila kurang hati-hati atau buru-buru, pisau bisa melukai. Pastikan tidak ada lagi noda bekas bahan makanan, karat atau bercak yang dapat membuatnya tumpul.

3. Jangan Pakai Talenan Berbahan Keras

Sumber: misen.com

Saat ini Anda bisa menemukan talenan dari berbagai bahan, seperti keramik, kaca, stainless hingga marmer, tetapi tips merawat pisau agar tetap tajam yang selanjutnya adalah hindari talenan-talenan berbahan keras seperti itu. Gesekan antara pisau dan permukaan talenan berbahan keras seperti itu kurang baik untuk ketajamannya.

Permukaan talenan yang keras seperti bahan-bahan di atas bisa membentuk duri mikroskopis pada logam. Hal ini menyebabkan pisau Anda menjadi tumpul. Seperti yang diungkapkan oleh pemilik Broadway Panhandler di New York bernama Norman Kornblueth. Oleh karena itu, pilih saja talenan berbahan plastik, kayu atau polietilen karena permukaannya lebih aman untuk mata pisau Anda.

4. Asah Pisau Secara Rutin

Sumber: justmachete.com

Tips selanjutnya untuk menjaga pisau tetap tajam adalah rajin-rajin mengasahnya. Jika merasa perlu mengasahnya setiap hari sebelum digunakan, lakukan! Anda bisa mengasah pisau secara manual menggunakan batu asahan atau alat pengasah modern yang saat ini tidak terlalu susah didapat.

Apabila Anda terhitung rajin mengasah pisau, tidak perlu lama-lama mengasahnya. Cukup empat kali gosok untuk setiap sisinya. Beda halnya jika Anda mengasah pisau seminggu sekali atau sebulan sekali. Tidak ada hitungan pasti berapa kali gosok untuk setiap sisi pisau. Hanya, pastikan saja mata pisau sudah lebih tajam dari sebelumnya.

5. Simpan Terpisah dengan Perkakas Lain

Sumber: epicurious.com

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menjaga pisau tetap tajam adalah menyimpan pisau Anda secara terpisah dari perkakas lain, terutama yang berbahan logam. Jangan satukan pisau dengan sendok dan garpu. Menyimpan pisau di tempat yang sama dengan perkakas tersebut mudah membuatnya tergores atau rusak, sehingga pisau cepat tumpul.

Cara ideal menyimpan pisau adalah memasukkannya ke dalam sarung pisau terlebih dahulu lalu letakkan ia di dalam laci atau lemari dapur. Namun, jika Anda punya cara penyimpanan yang lain, seperti menggantungnya atau menempelkannya pada magnet bar juga bisa. Intinya pisahkan pisau dari peralatan lain untuk menjaganya tetap tajam.

Tips merawat pisau agar tetap tajam tidak terlalu sulit dilakukan. Pada dasarnya perawatan jenis apa pun hanya membutuhkan ketelatenan, termasuk merawat pisau. Dengan melakukan hal-hal di atas, pisau kesayangan Anda bisa awet lebih lama. Bisa dicoba mulai dari sekarang untuk membuktikannya! Semoga tips ini membantu Anda!

Tag: